Senin, 24 Februari 2020

Beda dari Jakarta, Ibu Kota Baru di Kaltim Dirancang Tanpa Bangunan Industri dan Pabrik

- 17 Desember 2019, 17:39 WIB
FOTO aerial bekas tambang batu bara di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu, 28 Agustus 2019. Kementerian LHK akan memperbaiki lubang-lubang bekas tambang di kawasan calon ibu kota negara baru. */ /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Ibu Kota Negara (IKN) sudah ditetapkan pindah ke kawasan Kalimantan Timur. Pemerintah pun sudah merancang beberapa klaster yang akan di bangun di sekitar IKN.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari ANTARA pada Selasa 17 Desember 2019.

Rencana pembangunan di IKN nantinya akan terbagi ke dalam beberapa klster, di antaranya pemerintahan, pendidikan, kesehatan.

Baca Juga: Damkar Unit Cicalengka Berhasil Tangani Sarang Tawon dan Teror Ular

Namun yang pasti, di IKN kata Jokowi tidak akan ada kluster untuk industri dan ataupun pabrik. Hanya saja, pihaknya masih memertimbangkan pusat keuangan.

"Jadi tidak ada yang namanya pindah ibu kota nanti di ibu kota ada pabriknya seperti kanan kiri Jakarta. Mungkin ada tambahan satu financial center, pusat keuangan. Mungkin, itu kemarin masih kita hitung," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, pada saat pertemuannya dengan bebrapa tokoh adat setempat, mereka meminta agar pemerintah membangunkan universitas dan Perguruan Tinggi di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Baca Juga: PKL Dilarang Berdagang di Alun-alun Cimahi, Pasar Atas Baru Siap Menampung

Gayung bersambut, Jokowi langsung merespon permintaan para tokoh dan sudah merencanakan pembangunan perguruan tinggi di IKN baru di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X