Rabu, 29 Januari 2020

Beredar Foto Tengkorak Asmat Dijual Ilegal di Eropa, Kementerian Luar Negeri Soroti Urgensi Perlindungan Cagar Budaya

- 14 Desember 2019, 18:31 WIB
FOTO Tengkorak Suku Asmat dijual secara online melalui akun @rootz.gallery /

PIKIRAN RAKYAT - Penjualan benda cagar budaya di luar negeri kembali mencuat setelah postingan akun penjual benda antik viral dan dianggap seorang peneliti diperjualbelikan secara ilegal.

Postingan yang dibuat tersebut menampilkan tengkorak di dalam Patung Korwar yang merupakan cagar budaya asli dari Asmat, Papua.

Tidak hanya satu, tetapi beberapa benda lainnya yang berasal dari Papua juga dijual bebas oleh akun galeri di Belanda tersebut.

Baca Juga: Tengkorak Asmat Dijual di Instagram, Peneliti Arkeologi Papua: Diperoleh Secara Ilegal

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah menyoroti permasalahan ini sebagai masalah yang serius untuk ditangani.

Perlindungan cagar budaya sebetulnya bisa selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo  terkait "Making Indonesia Economy 4.0" dengan menjamin kepastian hukum dan mengarahkannya untuk kesejahteraan masyarakat lokal.

"Oleh karena itu, pengembalian benda cagar budaya adalah amanah nasional yang perlu dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat Indonesia," ujar Dr. iur. Damos Dumoli Agusman, Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional (HPI), Kementerian Luar Negeri RI.

Baca Juga: Kejuaraan Wushu Piala Wali Kota Bandung 2019 Jaring Atlet Potensial, Peserta Membeludak

Dalam hal ini, perumusan legal consideration menjadi penting untuk menetapkan perlu tidaknya ratifikasi Konvensi pelindungan cagar budaya. 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Situs Resmi Kementerian Luar Negeri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X