Minggu, 5 April 2020

DWP 2019 Sumbang Pajak yang Fantastis untuk Pemprov DKI Jakarta

- 13 Desember 2019, 15:15 WIB
Event DWP 2018.* /DWP

PIKIRAN RAKYAT - Pajak fantastis diraup dari acara dari "Djakarta Warehouse Project" (DWP) 2019 yang mencapai Rp 10 miliar.

"Angka itu mengacu pada pendapatan pajak daerah dari DWP 2017," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta, Alberto Ali di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Jumlah pajak yang besar untuk event kelas internasional tersebut terbagi menjadi dua bagian. Pajak yang didapatkan dari DWP 2019 berasal dari pajak makanan dan minuman serta pajak hiburan.

Baca Juga: Kewajiban Peneliti Bergelar S2 Merugikan

"Berdasarkan data perekonomian 2017 untuk pajak makanan dan minuman sebesar Rp2,5 miliar dengan penyelenggaraan dua hari. Sedangkan ntuk hiburan kurang lebih Rp7,5 miliar dengan penyelenggaraan dua hari. Jadi total sebesar Rp 10 miliar," kata Alberto saat memaparkan pendapatan pajak dari penyelenggaraan DWP 2017 di Balai Kota Jakarta.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antara, pajak DWP 2019 yang dikenakan untuk makanan dan minuman mencapai 10 persen, sementara untuk pajak hiburan lebih besar yaitu 20 persen.

Jumlah pendapatan Pemrov DKI Jakarta melalui event DWP 2019 diprediksi akan semakin bertambah. Pasalnya penyelenggaraan yang semula hanya 2 hari bertambah menjadi 3 hari.

Baca Juga: Temui Mahfud MD, Prabowo Subianto Mengaku Minta Petunjuk

DWP 2019 juga diharapkan oleh Alberto menjadi pendongkrak pariwisata bagi Jakarta lantaran menghadirkan banyak artis internasional.

"Diharapkan dengan kehadiran DWP mengundang banyak wisatawan sehingga Jakarta bisa menjadi satu destinasi unggulan dunia yang akhirnya dalam kegiatan ini berdampak memberikan manfaat pada perekonomian Jakarta," kata Alberto.

Pemprov DKI Jakarta pun sudah memberikan lampu hijau penyelenggaraan DWP di JIE Expo Kemayoran pada 13- 15 Desember 2019.

Baca Juga: Beri Pesan Untuk Pekerja Migran, Menaker: Jangan Berangkat Jika Belum Siap

"Dinas Pariwisata dan kebudayaan telah memanggil penyelenggara dan mereka sudah memberikan komitmen tertulis yang menyatakan bahwa taat melaksanakan ketentuan berdasarkan peraturan yang berlaku," kata Alberto saat menjelaskan alasan acara DWP 2019 dapat diselenggarakan kembali di Jakarta.

Dojaga Ratusan Kemanan

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X