Sabtu, 25 Januari 2020

Jelang Puncak Musim Hujan, Warga Bantaran Sungai Diminta Bersiap

- 12 Desember 2019, 19:58 WIB
Hujan/DOK. PR /null

YOGYAKARTA, (PR).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) mengimbau masyarakat ikut membantu memantau debit air sungai di wilayah masing-masing untuk mengantisipasi potensi bencana banjir menjelang puncak musim hujan.

"Warga yang berada di lingkungan sungai atau saluran air dapat ikut memantau debit air secara mandiri," kata Koordinator Operasi Pemantauan Potensi Bencana Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Krisnadi Setiyawan di Yogyakarta, Kamis, 12 Desember 2019.

Selain memantau debit air sungai, Krisnadi berharap masyarakat juga berkoordinasi dengan aparat yang berwenang atau BPBD DIY apabila terjadi perubahan ketinggian fisik alur sungai atau saluran air di wilayahnya.

Baca Juga: Meski Musim Hujan, Lima Kecamatan Tetap Darurat Kekeringan

"Periksa lingkungan sekitar yang berpotensi berdampak pada keselamatan jiwa," ucapnya.

Selanjutnya, apabila terjadi situasi darurat yang mengancam keselamatan jiwa, agar menghindari melakukan tindakan penyelamatan sendiri jika tidak mampu atau tidak memiliki peralatan pengaman.

"Usahakan langsung melapor petugas yang berwenang," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Djati Mardiatno mengatakan banjir merupakan bencana yang paling berpotensi terjadi menjelang puncak musim hujan yang disertai dengan peningkatan cuaca ekstrem.

Potensi bencana itu lebih banyak terjadi di wilayah padat penduduk atau perkotaan.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X