Senin, 20 Januari 2020

Dana Desa 2020 Harus Disalurkan Januari

- 11 Desember 2019, 16:23 WIB
PRESIDEN Joko Widodo.* /REUTERS

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo menginstruksikan supaya dana desa anggaran tahun 2020 sudah bisa disalurkan pada Januari. Penyalurannya harus diarahkan ke sektor produktif.

Instruksi tersebut ia keluarkan ketika membuka rapat terbatas mengenai dana desa di Kantor Presiden, Rabu, 11 Desember 2019.

Penyaluran dana desa menjadi salah satu hal yang disoroti Jokowi dalam ratas.

Baca Juga: Pemerintah Belum Berencana Tambah Hari Libur ASN

“Tahun 2020 saya minta di bulan Januari sudah bisa dimulai (penyaluran dana desa). Utamakan program yang padat karya dan berikan kesempatan kerja bagi mereka yang miskin, yang menganggur di desa dengan model cash for work,” tuturnya.

Ia menambahkan, penggunaan dana desa harus mulai diarahkan untuk menggerakkan sektor-sektor produktif seperti pengolahan pascapanen, industri-industri kecil di desa, budidaya perikanan, desa wisata dan industrialisasi pedesaan. Penyaluran ke sektor produktif dikatakannya harus sudah dimulai karena hal tersebut menjadi bagian dari penciptaan lapangan kerja secara besar-besaran.

Ia juga meminta penggunaan dana desa didampingi dalam hal manajemen lapangan untuk kepentingan tata kelola yang akuntabel. “Tata kelola yang semakin baik, akuntabel, transparan dan pelibatan partisipasi warga desa dalam pengawasan dana desa sangat diperlukan. Saya rasa itu,” ujarnya.


Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X