Kamis, 23 Januari 2020

Saut Situmorang: Setiap Perkembangan Kasus Novel Baswedan Harus Disampaikan ke Publik

- 10 Desember 2019, 20:46 WIB
WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang.*/ANTARA /

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyatakan bahwa ada maupun tidak adanya kemajuan dalam pengungkapan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan harus disampaikan ke publik.

"Ya memang harus dilaporkan ke publik ya apapun hasilnya. ada atau tidak ada kemajuan itu harus lakukan di publik secara periodik," ucap Saut di gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Menurut Saut, kasus penyerangan terhadap Novel adalah kasus yang menyita perhatian publik baik di Indonesia dan di luar negeri.

Baca Juga: Soal Kasus Novel Baswedan, Jokowi: Saya Tidak Kasih Waktu Lagi

"Karena kasus itu sangat 'eye catching' di dunia internasional dan lebih kepada perlindungan terhadap jaminan keamanan terhadap pelaksana atau tugas-tugas yang bergerak di bidang antikorupsi," ujar Saut.

Oleh karena itu, ujar dia, jika kasus Novel tersebut dapat terungkap maka hal itu akan meningkatkan kepercayaan terhadap Indonesia di dunia internasional.

"Jadi, itu juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan kepada Indonesia. Pasti ada kaitannya dengan Indeks Persepsi Korupsi (Indonesia) juga kalau nilainya 38. Jadi, sekali lagi ada atau tidak ada dilaporkan ke publik perkembangannya," kata dia.

Soal harapannya terkait kasus Novel, ia pun menginginkan agar pelaku penyerangan bisa ditemukan.

"Ya ketemu orangnya dong kan kemarin agak aneh ya waktu kita bilang bahwa motifnya ketemu tetapi orangnya belum ditemukan, kan motifnya dibilang itu ada kaitan dengan yang ditangani oleh Novel kan gitu, waktu itu," ujar dia.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X