Sabtu, 25 Januari 2020

Ditanya Anak SMA Soal Hukuman Mati Bagi Koruptor, Jokowi: Di Undang-undang Tidak Ada

- 9 Desember 2019, 17:08 WIB
Dalam kesempatan Pentas #PrestasiTanpaKorupsi di Jakarta, Jokowi ditanyai seorang anak SMA soal hukuman mati koruptor. /REUTERS

JAKARTA (PR) - Salah satu siswa SMA yang hadir dalam Pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMK 57 Jakarta pada Senin 9 Desember 2019 mengajukan pertanyaan kepada Presiden Joko Widodo tentang hukuman mati bagi koruptor.

Harli Hermasnyah, siswa kelas XII jurusan Tata Boga SMKN 57 Jakarta menanyakan kepada Jokowi mengapa Indonesia tidak berani seperti negara maju, misalnya menerapkan hukuman mati.

Ia juga bertanya kepada Jokowi mengapa Indonesia terkesan tidak tegas mengatasi pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Pelaku Pembobolan ATM Diduga Masih Amatiran, yang Diambil Uang Rusak

"Mengapa negara kita mengatasi korupsi tidak terlalu tegas? Kenapa tidak berani (seperti) di negara maju misalnya dihukum mati? Kenapa kita hanya penjara tidak ada hukuman tentang hukuman mati?" kata Harli Hermansyah kepada Jokowi, sebagaimana Pikiran-Rakyat.com kutip dari Antara.

Berkat pertanyaan itu, lantas Jokowi melemparnya kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

"Kalau di undang-undang ada yang korupsi dihukum mati ya dilakukan tapi di UU tidak ada yang korupsi dihukum mati, tidak ada betul Pak Menkumham?" tanya Jokowi kepada Yasonna H Laoly.

Baca Juga: Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia 2019, Jokowi Nilai OTT oleh KPK Bukan Satu-satunya Solusi

Yasonna lantas menjawab pertanyaan Jokowi berdasarkan aturan yang berlaku bahwa dalam UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sudah ada hukuman mati bagi pelaku korupsi. Hanya saja penerapannya terbatas.

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X