Jumat, 24 Januari 2020

Nyimas Melati, Singa Betina dari Tangerang Itu Hadir dalam Bentuk Tarian

- 8 Desember 2019, 12:41 WIB
/ANTARA

TANGERANG, (PR).- Rangkaian Festival Budaya Nusantara III Kota Tangerang menampilkan pagelaran seni budaya tarian kolosal dengan tema perjuangan Nyimas Melati, Minggu 8 Desember 2019.

Tarian kolosal berdurasi 45 menit itu menceritakan perjuangan seorang wanita melawan penjajah VOC dan mensyiarkan agama Islam di Tangerang.

"Nyimas melati dijuluki sebagai Singa Betina oleh masyarakat di Tangerang, karena keteguhan dan keberaniannya dalam melawan penjajah, yaitu VOC dan syiar agama Islam di wilayah Tangerang," kata Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.

Tarian kolosal ini melibatkan delapan sanggar dengan jumlah penari sebanyak 170 anak yang berasal dari beberapa SMP, SMA dan SMK di Kota Tangerang.

Baca Juga: Letusan Meriam Peninggalan Abad ke-17 Warnai HUT Armed di Cimahi

Nyimas Melati tidak sendiri, didampingi oleh 3 tokoh yang sangat melegenda di Tangerang yaitu Raden Arya, Arya Santika, dan Arya Dwi Wangsa yang diabadikan menjadi beberapa nama jalan di Kota Tangerang.

Sementara itu Sultan, pemeran tokoh Raden Arya, menyebutkan bahwa dirinya sangat bangga bisa menjadi bagian dari Festival Budaya Nusantara III.

"Tentunya saya sangat bangga bisa ambil bagian dalam festival budaya kali ini, lebih dari 16 kali latihan dalam 1 bulan tidak membuat saya merasa lelah, justru saya sangat antusias menjalaninya," kata Sultan.

Baca Juga: Cerita Oyon dan Pentas Boneka Berjoget di Jalanan Tasikmalaya

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X