Kamis, 4 Juni 2020

Kasus Suap Impor Bawang Putih, I Nyoman Segera Disidang

- 6 Desember 2019, 09:00 WIB
BAWANG putih impor.* /DOK. PIKIRAN RAKYAT

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas perkara kasus dugaan suap pengurusan izin impor bawang putih sebanyak 20 ribu ton tahun 2019 untuk tiga tersangka.

Mantan anggota DPR fraksi PDI Perjuangan I Nyoman Dhamantra (IYD), orang kepercayaan Nyoman, Mirawati Basri (M) dan seorang pihak swasta Elviyanto (E) segera disidang.

“Penyidikan untuk tiga tersangka telah selesai. Hari ini dilakukan penyerahan tersangka dan pelimpahan berkas, barang bukti ke penuntutan atas nama IYD, M dan E,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis, 5 Desember 2019.

Baca Juga: Bawang Putih Impor untuk Operasi Pasar, Produk Lokal untuk Pembenihan

Febri mengatakan, sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 47 saksi dari berbagai unsur. Persidangan akan dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan enam orang tersangka. Tiga tersangka lainnya, Doddy Wahyudi (DDW), Zulfikar (ZFK) selaku pihak swasta serta Chandry Suanda (CSU) alias Afung selaku pemilik PT Cahaya Sakti Argo kini tengah menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakpus.

Dalam kasus ini, Nyoman diduga meminta fee Rp 3,6 miliar untuk membantu Afung dan Doddy mengurus Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian dan Surat Persetujuan Impor (SPI) dari Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Pemkab Purwakarta Siapkan Daerah Dataran Tinggi untuk Centra Kebun Manggis dan Holtikultura

Sebelum melakukan pertemuan dengan Nyoman, keduanya telah bertemu terlebih dahulu dengan Mirawati dan Elviyanto guna memuluskan pengurusan RIPH dan SPI tersebut.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X