Senin, 30 Maret 2020

Promosi Pariwisata Indonesia, Pemerintah Andalkan TKI

- 5 Desember 2019, 15:45 WIB
ILUSTRASI Pekerja Migran Indonesia.* /DOK. PIKIRAN RAKYAT

JAKARTA, (PR).- Pemerintah Indonesia menyiapkan program untuk membuat para tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran memiliki kemampuan kerja baik, memiliki rasa cinta Tanah Air, dan mampu mempromosikan pariwisata.

"Teman-teman pekerja migran juga harus dibangun ideologinya, dan kebanggaan mereka atas Tanah Air itu harus dibangun. Mereka juga bisa menjadi duta wisata Indonesia, mereka bisa menjelaskan destinasi wisata prioritas," kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah ditemui Antara di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

Menurut Ida, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pariwisata meluncurkan upaya pelatihan sebagai duta wisata dan penanaman ideologi bangsa.

Baca Juga: Temui Menko Polhukam, Erick Thohir Bicarakan Radikalisme di Tubuh BUMN

Nota Kesepahaman pun akan ditandatangani pada saat perayaan hari Migrant Day di Malang, Jawa Timur, 18 Desember 2019.

loading...

Untuk implementasinya, penanaman ideologi dan promosi lima destinasi wisata itu akan dilakukan melalui pelatihan-pelatihan di balai latihan kerja.

Ida menjelaskan kecintaan terhadap ideologi dan Tanah Air diharapkan dapat mencegah paparan nilai-nilai ekstremisme kepada pekerja migran di luar negeri.

Menaker juga menyatakan prihatin atas adanya pekerja migran yang dideportasi diduga karena terpapar radikalisme.

Ida pun telah menemui Presiden Joko Widodo pada Kamis siang membahas sejumlah hal antara lain peran balai latihan kerja dan perlindungan pekerja migran di Indonesia. ***

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X