Sabtu, 7 Desember 2019

Bambang Soesatyo Mundur, Munas Golkar Kemungkinan Besar Aklamasi

- 3 Desember 2019, 18:58 WIB
BAMBANG Soesatyo.* /ANTARA

 JAKARTA, (PR).- Mundurnya Bambang Soesatyo dari kontestasi Pemilihan Ketua Umum Golkar membuat proses pemilihan ketua umum kemungkinan besar akan sesuai dengan harapan awal kubu Airlangga Hartarto yakni musyawarah mufakat.

Kendati demikian, Ketua Pelaksana Munas Golkar Adies Kadir menyebut kemungkinan aklamasi masih melihat kesediaan calon lainnya untuk maju mengingat ada delapan kandidat yang mendaftar dan lima di antaranya dinyatakan lolos verifikasi.

"Kalau musyawarah mufakat dan tidak ada calon yang maju berarti kan otomatis aklamasi, tidak ada pemilihan aklamasi. Tapi kita lihat sampai saat ini calon yang sangat kuat masih Pak Airlangga, kalau lawan kuat beliau, pak Bamsoet kan sudah menyatakan mundur demi kepentingan partai," ucap Adies di arena Munas, Hotel Ritz Charlton Jakarta, Selasa 3 Desember 2019.

Baca Juga: Golkar Jabar Apresiasi Mundurnya Bambang Soesatyo dari Pemilihan Calon Ketua Umum Golkar

Menurut dia, beberapa kandidat saat ini juga masih tahap negosiasi. Kendati demikian, tak ada target tertentu karena proses negosiasi berjalan cair.

Hal yang perlu ditekankan, kata Adies, adalah keinginan dari Golkar untuk memperlihatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa partainya adalah partai besar yang bisa bermusyawarah mufakat dan bisa memilih calon pimpinan tanpa harus bersengketa.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Tanggapi Mundurnya Bambang Soesatyo dari Pemilihan Calon Ketua Umum Golkar

"Kami tidak ingin terpecah kembali. Jadi kalau dibilang penting presiden ya bisa dibilang begitu, tergantung bagaimana interpretasi masing masing," ucap dia.

Mengenai dugaan intervensi Jokowi, Adies menyebut rasanya Presiden  kalau tidak ingin semua partai pecah, tidak hanya partai Golkar. Karena kalau ada partai yang pecah apalagi yang besar akan menggoyang stabilitas negara.

"Jadi bukan hanya kepada Golkar saja, tapi mungkin terhadap semua partai seperti itu," ucap dia.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X