Sabtu, 7 Desember 2019

ACT Adakan Silaturahmi Kemanusiaan bersama Diaspora Uighur

- 3 Desember 2019, 12:53 WIB
Silaturahmi ACT dengan diaspora Uighur pada Kamis, 29 November 2019.* //DOK ACT

JAKARTA, (PR).- Setelah meresmikan Masjid Persahabatan Indonesia dan Turkistan Timur di Way Muli, Rajabasa, Lampung Selatan, ACT mengadakan silaturahmi dengan diaspora Uighur pada Kamis, 29 November 2019.

Silaturahmi tersebut dalam rangka mempererat kolaborasi kemanusiaan. Pertemuan antara Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin dan Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur, Seyit Tumturk, membahas bantuan untuk etnis Uighur yang mengungsi di Turki.

Ahyudin selaku Ketua Dewan Pembina ACT mengatakan akan memperkuat kolaborasi kemanusiaan dengan memasifkan aksi-aksi kemanusiaan bagi diaspora Uighur yang sangat membutuhkan. "Buah pertemuan silaturahmi ACT dengan dua tokoh Uighur dari Turki, insyaallah kami memberikan bantuan baru di tahun 2020 ini.

Baca Juga: ACT Apresiasi Pengabdian Guru Prasejahtera Lewat Program “Sahabat Guru Indonesia”

Ada empat hal yang kami lakukan untuk membantu saudara-saudara kita (masyarakat Uighur) yang ada di Turki," ujarnya.

Adapun empat hal tersebut, pertama ACT memberikan bantuan hidup kepada 1.000 yatim piatu Uighur yang ada di pengungsian, khususnya di Turki.

Kedua, ACT akan membangun kamp penampungan para yatim piatu untuk pengungsi Uigur di Turki, sebagaimana ACT lakukan untuk Rohingya sebelumnya, yakni dua gedung kamp pengungsian dengan bangunan lima lantai.

Baca Juga: Meluaskan Jangkauan Distribusi Air, ACT Luncurkan Water Truck

Ketiga, ACT memberikan bantuan hidup selayaknya untuk seratus guru Uighur di kamp pengungsian yang memberika pelajaran dan pendidikan untuk anak-anak pengungsian Uighur.

Keempat, ACT akan memberikan bantuan 1.000 ton pangan di tahun 2020 mendatang. Harapannya, bantuan cukup untuk seribu kepala keluarga pengungsi Uighur.

"Empat hal itu kita laksanakan di bulan Januari 2020 mendatang dan semoga apa yang kita lakukan itu mendapatkan pula dukungan seluas-luasnya dari massyarakat Indonesia," terangnya.


Halaman:

Editor: Rahmad Maulana

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X