Senin, 9 Desember 2019

10 Persen Penderita Diabetes Adalah Anak-anak

- 14 November 2019, 20:58 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA

JAKARTA, (PR).- Sekretaris Endokrinologi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. dr. Nanis Sacharina Marzuki, Sp.A (K) mengatakan, berdasarkan sebuah penelitian di luar negeri angka diabetes anak mencapai 5-10 persen diabetes melitus keseluruhan.

”Jadi kalau tadi dikatakan di Indonesia ada sekitar 10 juta pasien diabetes mungkin sekitar 10 persen dari situ adalah anak-anak," ujar dia, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Naning mengatakan, dari angka tersebut 90 persen di antara anak-anak dan remaja mengidap diabetes melitus tipe 1, dan 90 persen anak dan remaja yang menjadi penderita diabetes melitus tipe 1 yang membutuhkan terapi insulin seumur hidup.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh kurang atau sama sekali tidak memproduksi insulin sehingga berakibat penderita penyakit ini memerlukan tambahan insulin dari luar.

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana kadar gula dalam darah melebihi nilai normal disebabkan tubuh tidak menggunakan hormon insulin yang dihasilkan pankreas secara normal.

Penyebab terganggunya sel tubuh yang tidak menunggu hormon insulin tersebut belum diketahui secara pasti, namun selain diduga berkaitan dengan gen ada pula faktor pemicu lainnya, seperti kurang olahraga, merokok, sering stres, kurang istirahat.

Sementara sejumlah kondisi yang diduga berisiko menimbulkan diabetes tipe 2 adalah yakni prediabetes, gangguan jantung dan pembuluh darah, Hipertensi, Tingkat kolesterol baik (HDL), Trigliserida tinggi, Obesitas, Diabetes gestational yaitu diabetes yang terjadi selama kehamilan, Agantosis nigrikans.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, Menteri Kesehatan pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, Nila Moeloek mengatakan masyarakat di Indonesia cenderung masih menyepelekan diabetes, atau bahkan tidak tahu tanda-tanda penyakit ini.

Masyarakat perlu mengetahui tanda-tanda penyakit diabetes di antaranya sering haus, cepat lapar dan sering buang air kecil di malam hari. Sebagai contoh, ia mengatakan saat sering haus masyarakat terkadang berpikir bahwa hal itu disebabkan suhu udara yang panas.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X