Senin, 24 Februari 2020

Kasus ISPA dan Penyakit Tidak Menular Semakin Banyak, Masyarakat Diminta Waspada

- 29 Oktober 2019, 14:40 WIB
ILUSTRASI Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).*/DOK KB

SERANG, (PR).- Dinas Kesehatan Kabupaten Serang meminta masyarakat waspada terhadap serangan penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) selama musim kemarau. Penyebaran penyakit ini sudah mulai banyak dirasakan di beberapa wilayah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Sri Nurhayati, mengatakan, selama musim kemarau ini, banyak penyebaran penyakit ISPA. Selain itu, banyak juga terjadi kasus penyakit tidak menular seperti diare dan DBD.

"Tapi kalau kita lihat data tahun kemarin, tidak meningkat banget, masih tidak mengkhawatirkan," ujarnya kepada Dindin Hasanudin dari Kabar Banten, Senin, 28 Oktober 2019.

Sri mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya agar perilaku hidup sehat masyarakat bisa ditingkatkan. Dengan begitu, apa pun cuacanya diharapkan tidak berpengaruh signifikan terhadap derajat kesehatan masyarakat.

"Itu enggak ada yang meningkat jauh, stabil rata-rata karena fluktuatif," ucapnya Sri.

Peningkatan kesehatan masyarakat memerlukan kesadaran dan perubahan pola hidup masyarakat

Ia menyatakan imbauannya kepada masyarakat, agar masyarakat terus mengubah perilaku hidup sehat. Permasalahan kesehatan tidak hanya merupakan perkara yang ditangani pemerintah, tapi juga harus diupayakan masyarakat.

"Kalau sudah sadar, maka akan meningkatkan kesehatan mereka. Semua harus gerak mengubah mindset masyarakat," katanya.

Sementara, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, mengatakan, saat ini, indeks pembangunan manusia (IPM) di bidang kesehatan di Serang terus meningkat. Hal itu seperti yang dilaporkan dari Badan Pusat Statistika (BPS).

Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X