Kamis, 4 Juni 2020

Pertemuan Jokowi-Prabowo Bahas Koalisi Pemerintah

- 11 Oktober 2019, 21:20 WIB
PRESIDEN Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019. Pertemuan itu membahas berbagai gagasan untuk kemajuan bangsa seperti pemindahan ibu kota, isu-isu ekonomi hingga pertahanan negara.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Perbincangan koalisi masih terus bergulir. Setelah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, giliran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat, 11 Oktober 2019.

Pertemuan antara keduanya berlangsung sekitar 30 menit dari pukul 15.00. Mereka melakukan pertemuan empat mata di Istana Merdeka.

Seusai pertemuan, Jokowi mengakui bila perbincangan dengan Prabowo menyinggung soal koalisi di pemerintahan. Meskipun, ia mengatakan, perbincangan soal koalisi itu masih belum final.

"Tapi kami sudah bicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi kita," kata Jokowi.

Sementara itu, Prabowo Subianto menyampaikan kepada Jokowi bila Partai Gerindra akan selalu mengutamakan kepentingan yang lebih besar, yakni kepentingan bangsa dan negara. Pertarungan dalam pemilu dikatakannya sudah selesai.

"Begitu (pemilu) selesai, kepentingan nasional yang utama. Saya berpendapat, kita harus bersatu, jadi, saya sampaikan ke beliau, apabila kami diperlukan, kami siap untuk membantu," ujarnya.

Ia kemudian menyinggung pertemuan dengan Jokowi di Mass Rapid Transit, Jakarta, beberapa waktu lalu. Saat itu, Prabowo menyampaikan kepada Jokowi mengenai kesiapannya untuk membantu pemerintahan.

"Sudah saya sampaikan di MRT waktu itu, Bahwa bila kami diperlukan, kami siap. kami akan memberikan gagasan yang optimis," ujarnya.

Prabowo kemudian menambahkan, seandainya Gerindra tidak masuk koalisi, akan tetap loyal.  Partainya akan berada di luar pemerintahan untuk memenuhi peran check and balances. "Di Indonesia tidak ada oposisi. Kita tetap merah putih dalam segala hal," ujarnya.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X