Potensi Pariwisata di Belitung Belum Banyak Diketahui, Minimnya Pemberitaan Jadi Penyebab

- 8 Desember 2021, 19:19 WIB
Bupati Belitung Sahani Saleh menyerahkan cendera mata kepada Diretur Operasional Pikiran Rakyat Kartono Sarkim saat melakukan kunjungan ke kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia-Afrika Nomor 77, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 8 Desember 2021.
Bupati Belitung Sahani Saleh menyerahkan cendera mata kepada Diretur Operasional Pikiran Rakyat Kartono Sarkim saat melakukan kunjungan ke kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia-Afrika Nomor 77, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 8 Desember 2021. /Pikiran-rakyat.com/Yusuf Wijanarko

PIKIRAN RAKYAT - Potensi pariwisata di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, sangat besar namun belum banyak orang yang mengetahuinya.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Belitung Sahani Saleh saat berkunjung ke kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, 8 Desember 2021.

Selama ini, kebanyakan masyarakat terutama yang tinggal di Pulau Jawa, mengetahui soal keindahan alam Belitung salah satunya melalui film Laskar Pelangi. Padahal, masih banyak tempat indah lain di Belitung yang belum banyak diketahui.

Sahani Saleh menilai, penyebab kurang dikenalnya pariwisata di Belitung selama ini adalah kurang masifnya pemberitaan soal itu.

Baca Juga: Pariwisata Afrika Selatan Kacau, Negara Lain Larang Perjalanan karena Varian Omicron

"Media kami terbatas. Informasi edukasi dari pemerintah seperti kabar soal pembangunan-pembangunan yang dilakukan, itu kalah saing dengan program-program dari media lain," kata Sahani Saleh.

Kendala soal media yang terbatas ditambah dengan pemberitaan yang tersedia selama ini dinilai kurang edukatif. "Lebih banyak menyampaikan soal kelemahan dan kekurangan pemerintah dibandingkan apa pembangunan yang telah dilakukan pemerintah. Akibatnya, bingung masyarakat," kata Sahani Saleh.

Pemerintah Kabupaten Belitung ingin belajar dari Pikiran Rakyat bagaimana mengelola informasi dengan baik melalui media.

Baca Juga: Jakarta Level 3 Saat Natal dan Tahun Baru, Polisi Siapkan Penjagaan di Tempat Ibadah dan Objek Wisata

Menanggapi hal ini, Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) yang mengusung konsep media berjaringan dan portalnya tersebar di banyak kabupaten-kota di Indonesia, dapat menjadi opsi untuk menginformasikan potensi pariwisata di Belitung dengan lebih masif.

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network