Rabu, 19 Februari 2020

Pembuatan SIM Membeludak, Pemohon Duduk di Lantai

- 5 September 2019, 19:54 WIB
FOTO ilustrasi surat izin mengemudi (SIM).*/ANTARA

PANDEGLANG, (PR).- Gelaran operasi patuh yang diinisiasi oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menertibkan pengendara yang tidak tertib berbuah manis. Terutama pada kesadaran masyarakat untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) meningkat tajam, termasuk di Kabupaten Pandeglang. 

Berdasarkan pantauan Kabar Banten, di depan Ruang Pelayanan SIM Polres Pandeglang, mengantre puluhan pemohon SIM. Bahkan beberapa pemohon harus duduk melantai karena tidak kebagian tempat duduk.

Baur SIM Polres Pandeglang, Iptu Lutfi Tamimi Napitulu mengatakan, gelaran operasi patuh selama beberapa hari memberi dampak baik bagi pengendara. Terutama dalam persoalan melengkapi surat-surat berkendara, termasuk SIM.

"Iya (karena Operasi Patuh). Masih banyak yang belum memiliki SIM," kata Lutfi, Kamis 5 September 2019.

Rata-rata para pemohon SIM itu bermohon SIM baru, baik itu SIM C maupun SIM A, di samping ada pula yang bermohon SIM perpanjangan setelah masa berlakunya berakhir.

"Untuk pemohon yang mendominasi itu dari SIM C, karena kendaraan roda dua itu lebih banyak," ujarnya.

Lantaran pemohon pembuatan SIM membeludak, pihaknya tetap memberikan pelayanan yang maksimal. Kendati demikian, agar pembuatan SIM bisa diselesaikan dengan waktu 1 hari. 

"Kita selalu selesaikan satu hari, meski waktu batas waktu pelayanan selesai kita selalu tambahkan waktunya agar pemohon bisa seluruhnya terselesaikan. Paling jika ada yang gagal saat tes, harus mengulang," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Ade Taufik. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Tesyar Rofadli Prayitno membenarkan banyaknya pemohon SIM, "Iya betul," katanya.***

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X