Sabtu, 14 Desember 2019

Ini Nama-nama Caleg dari Jabar yang Lolos ke Senayan

- 1 September 2019, 10:16 WIB
null

JAKARTA, (PR).- Sebanyak 91 calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Barat lolos ke Senayan berdasarkan rapat pleno terbuka penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPR dan DPD Pemilu 2019. Digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu 31 Agustus 2019, pada kesempatan ini KPU juga menetapkan hasil perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2019, perolehan kursi partai politik, dan anggota DPR terpilih hasil pemilu 2019 yang jumlah seluruhnya mencapai 575 anggota legislatif.

Menilik nama-nama yang dibacakan secara bergantian oleh tujuh komisioner KPU, sejumlah petahana masih mewakili Jawa Barat di Senayan. Sementara sebagian lain meski merupakan nama-nama baru tapi bukanlah politisi baru. Beberapa di antaranya adalah ketua DPD sejumlah partai politik di Jawa Barat, mantan kepala daerah, atau legislator yang naik kelas dari DPRD ke DPR RI.

Beberapa nama lama yang kembali tandang di parlemen di antaranya Nico Siahaan (PDIP), Sodik Mujahid (Gerindra), Nurul Arifin (Golkar), Ledia Hanifa (PKS) di Dapil Jabar I atau Maman Imanulhaq (PKB) dan TB Hasanuddin (PDIP) di Dapil Jabar IX. Adapun beberapa ketua DPD Parpol di Jabar yang lolos yakni Ketua DPD Partai Gerindra Mulyadi (Jabar V), Ketua DPD PKB Syaiful Huda (Jabar VII), Ketua DPD Nasdem Saan Mustopa (Jabar VII) dan Ketua DPD PDIP Jabar yang baru sekaligus petahana DPR, Ono Surono (Jabar VIII)

Sementara mereka yang sebelumnya pernah menjabat kepala daerah adalah mantan Bupati Purwakata yang juga mantan calon wakil gubernur Jabar Dedi Mulyadi (Partai Golkar, Jabar VII) dan mantan Bupati Cianjur dua periode Cecep Muchtar Soleh (Partai Nasdem, Jabar III). Istri mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani pun berhasil melenggang ke Senayan dari Dapil Jabar VIII.

Tak ketinggalan sejumlah pesohor juga mampu mendulang suara cukup signifikan di Jabar seperti Tommy Kurniawan (PKB, Jabar V) dan Muhammad Farhan (Nasdem, Jabar I) Adapun raihan suara caleg tertinggi di Dapil Jabar diketahui diraih oleh legislator petahana Fadli Zon (Gerindra, Jabar V) dengan 230.524 suara.

Berikut nama-nama legislator asa Jawa Barat dari masing-masing daerah pemilihannya.

Junico BP Siahaan//PDIP
Sodik Mudjahid//GERINDRA
Nurul Arifin//GOLKAR
Muhammad Farhan//NASDEM
Ledia Hanifa//PKS
Teddy Setiadi//PKS
Agung Budi Santoso//DEMOKRAT

Cucun Ahmad Syamsurizal//PKB
Rachel Maryam Sayidina//GERINDRA
Iis Edhy Prabowo//GERINDRA
Yadi Srimulyadi//PDIP
Anang Susanto//GOLKAR
Tb Ace Hasan Syadzili//GOLKAR
Rian Firmansyah//NASDEM
Adang Sudrajat//PKS
Ahmad Najib Qodratullah//PAN
Dede Yusuf//DEMOKRAT
  
JABAR III:

Neneng Eem Marhamah Zulfah//PKB
Ahmad Riza Patria//GERINDRA
Endang Setyowati Thohari//GERINDRA
Diah Pitaloka//PDIP
Budhi Setiawan//GOLKAR
Cecep Muchtar Soleh//NASDEM
Ecky Awal Muharram//PKS
Eddy Soeparno//PAN
Sjarifuddin Hasan//DEMOKRAT


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X