Senin, 20 Januari 2020

Ridwan Kamil Beri Jokowi Masukan Soal Pemindahan Ibu Kota, Singgung Brasil dan Pedestrian

- 28 Agustus 2019, 17:01 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil menjawab pertanyaan wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019 terkait wacana pemindahan ibu kota negara.*/MUHAMMAD ASHARI/PR

JAKARTA, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019. Menurut Ridwan Kamil, pertemuan itu pada dasarnya membahas kemajuan program-program pembangunan yang tengah berjalan di Jabar.

Dia menyampaikan juga secara langsung masukannya mengenai rencana pemindahan ibu kota.

Terkait rencana pemindahan ibu kota, Ridwan Kamil menyampaikan kembali kritiknya kepada Jokowi mengenai luas ibu kota yang terlalu besar dibandingkan jumlah penduduknya. Ridwan Kamil mengatakan, masukan itu disampaikan karena dia berkepentingan menyukseskan rencana perpindahan.

Mengenai respons Jokowi terhadap masukannya itu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Jokowi cukup senang mendapatkan masukan. Menurut dia, setiap orang berkepentingan dengan rencana pemindahan ibu kota negara.

"Saya berkepentingan dengan keilmuan. Makanya datang (ke istana) sebagai anak bangsa. Bukan sebagai Gubernur, dalam konteks ini. Saya ingin agar cita-cita yang luar biasa besar ini berhasil," katanya.

Belajar dari Brasil

Ridwan Kamil membandingkan rencana pemindahan ibu kota dengan kasus ibu kota Brasil, Brasilia, yang dianggap gagal oleh beberapa kalangan setelah kota baru tersebut berdiri selama 50 tahun.

Ridwan Kamil berharap kejadian seperti di Brasilia tidak terulang di Indonesia.

"Saya mengingatkan saja agar kita berencana jauh lebih matang dan lebih baik. Masukan masyarakat juga harus diterima dan didengarkan dengan cara-cara baik," katanya.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X