Jalur Selatan Melalui Sumpiuh Kabupaten Banyumas Ditutup karena Pembangunan Rel Ganda

- 27 Agustus 2019, 12:24 WIB
PEMBANGUNAN jalur rel ganda di sepanjang ruas jalur antara Kroya-Kutoarjo. Jalan utama di selatan Jateng antara Sumpiuh-Tambak ditutup total selama dua bulan, sejak Minggu, 25 Agustus 2019, hingga 25 Oktober 2019.*/EVIYANTI/PR

BANYUMAS, (PR).- Jalur utama di selatan Jawa Tengah yang melintas di wilayah Kota Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, ditutup selama dua bulan. Penutupan telah dilakukan sejak Minggu, 25 Agustus 2019 dan rencananya dibuka kembali pada 25 Oktober 2019. 

Penutupan secara total itu berada di ruas jalan Sumpiuh – Tambak. Warga pun diminta tidak melakukan aktivitas yang melalui kawasan sekitar jembatan. Arus kendaraan dari arah Yogyakarta maupun Bandung pun untuk  sementara dialihkan melalui jalur lingkar Sumpiuh.

"Penutupan jalan dilakukan karena sedang dilakukan pembangunan jembatan double track kereta api di perbatasan Kecamatan Sumpiuh dan Tambak,'' kata Kepala Bidang Bina Keselamatan Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas, Selasa, 28 Agustus 2019.

Bagi pengendara, kata dia, ada pula alternatif untuk melalui jalur lain. Pengguna jalan dapat menggunakan jalur lain melalui Nusawungu, Kabupaten Cilacap. 

Ia mengatakan, Dishub Kabupaten Banyumas juga sudah memasang rambu-rambu di jalur itu sebagai petunjuk bagi pengendara. "Jadi, dari Bandung kendaraan langsung belok kanan, kondisi jalannya relatif cukup baik," ujar Hermawan. 

loading...

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah jalur yang dapat digunakan warga lokal untuk beraktivitas. Aktivitas itu diharapkan tidak melewati kawasan sekitar jembatan.

Pihak pelaksana pembangunan rel ganda diharapkan menyelesaikan target pembangunan tepat waktu

Pembangunan rel ganda atau double track di perbatasan Sumpiuh dan Tambak  merupakan pekerjaan lanjutan dari proyek sebelumnya, Dalam rapat koordinasi dengan pihak pelaksana pembangunan rel ganda kereta api, Hermawan mengatakan, pembangunan jalur ganda masih terus berlangsung di sepanjang ruas jalur antara Kroya - Kutoarjo. 

Ketika sebelum Lebaran, Dishub Kabupaten Banyumas pernah melakukan penutupan jalan. Penutupan itu hanya berlangsung dua minggu karena hanya berupa pekerjaan pembersihan lahan.

Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X