Selasa, 7 April 2020

Detik-detik Proklamasi, Penumpang Kereta Api Serempak Kumandangkan Indonesia Raya

- 17 Agustus 2019, 11:25 WIB
Ilustrasi.*/DOK PR

JAKARTA, (PR).- Lagu Indonesia Raya berkumandang dari dalam gerbong Kereta Fajar Utama dengan tujuan Yogyakarta, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Momentum itu terjadi tepat saat detik-detik proklamasi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Semua penumpang diminta berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya," kata Reza Kirana, salah seorang penumpang Kereta Fajar Utama yang dihubungi Antara dari Jakarta, Sabtu.

Menurut Reza, Indonesia Raya berkumandang saat kereta berada di wilayah sekitar Stasiun Cirebon dan Purwokerto. Para penumpang dengan semangat dan suara lantang ikut menyanyikan Indonesia Raya yang diiringi musik dari sistem pengeras suara di dalam kereta.

Memperingati HUT ke-74 RI, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga merayakannya dengan beberapa cara lain. Termasuk memberikan tiket gratis antara lain di Daop 1 Jakarta, dan KAI Divre IV Tanjungkarang. Tak hanya menggratiskan perjalanan lima KA, Daop 1 Jakarta juga menyemarakkan hari kemerdekaan RI dengan menghias KA perjalanan jauh rute Gambir-Bandung hingga beberapa pekan ke depan.

“Ini kali pertama rangkaian KA dihias livery Merah-Putih. Sebelumnya belum ada. PT KAI Daop 1 Jakarta ingin mengobarkan semangat Merah-Putih dalam perjalanan kereta api,” kata Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah.***


Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X