Minggu, 15 Desember 2019

Geliat Iduladha Tanpa Kantong Plastik

- 11 Agustus 2019, 20:27 WIB
HEWAN kurban.*/REUTERS

KAMPANYE pemerintah pusat dan daerah untuk melaksanakan pembagian daging kurban tanpa menggunakan kantong plastik direspons baik oleh masyarakat pada perayaan Iduladha tahun ini.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PSLB3 KLHK) Rosa Vivien Ratnawati mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE.2/PSLB3/PS/PLB.0/7/2019 tentang Pelaksanaan Hari Raya Iduladha tanpa Sampah kepada gubernur, bupati dan wali kota pada 31 Juli 2019.

Surat edaran tersebut dalam rangka mendukung kampanye nasional “Kendalikan Sampah Plastik”. KLHK meminta para kepala daerah untuk menyosialisasikan Iduladha tanpa sampah di lokasi salat Id dan saat pembagian daging kurban.

Selain itu, Vivien juga meminta pemerintah daerah untuk menyediakan sarana dan prasarana pemilahan sampah sekaligus mengumpulkan sampah di lokasi-lokasi tersebut.

Dalam surat edaran tersebut juga dicantumkan alternatif pengganti kantong plastik yang dapat digunakan untuk pembagian daging kurban, seperti daun jati, daun pisang, wadah anyaman bambu atau besek, atau wadah yang ada di tempat masing-masing yang dapat digunakan ulang atau dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

Di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta PD Pasar Jaya untuk mencari pemasok besek dari berbagai wilayah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan di Jakarta.

“Dan saya undang perajin besek bahwa Jakarta butuh itu untuk Iduladha," kata Anies di Islamic Center Jakarta Utara pada Selasa, 30 Juli 2019.

Anies mengatakan besek bambu lebih ramah lingkungan dan pada saat bersamaan pembelian untuk Iduladha ini akan mampu membantu perajin kecil.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X