Selasa, 10 Desember 2019

Dr Aqua Dwipayana : Dalami Komunikasi dan Bahasa untuk Melihat Dunia

- 7 Agustus 2019, 07:52 WIB
null

JAKARTA, (PR).- Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegaskan untuk dapat melihat dunia dan dengan lancar jalan ke banyak negara maka secara sungguh-sungguh, serius, dan tekun dalamilah komunikasi dan bahasa. Itu adalah kunci utama mewujudkan hal tersebut.

Dr Aqua menegaskan hal itu saat sharing Komunikasi dan Motivasi di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Bahasa Badan Pendidikan dan Latihan Kementerian Pertahanan (Badiklat Kemhan) Selasa pagi, 6 Agustus 2019 kemarin di Pondok Labu Jakarta. Kepala Pusdiklat Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya yang mengundangnya untuk menjadi narasumber di sana.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik ini membawakan materi berjudul Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Bahasa untuk Mendalami Pengetauhan sebagai 'Pintu' Melihat Dunia. Sharingnya sekitar tiga jam termasuk tanya-jawab.

Peserta yang jumlahnya sekitar 140 orang antusias sekali. Mereka terdiri dari pegawai Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, para pengajar, calon Atase Pertahanan, dan siswa-siswa termasuk dari negara-negara sahabat yang akan melaksanakan pendidikan di Sekolah Staf dan Komando (Sesko).

Dr Aqua menegaskan bahwa bekerja dan belajar bahasa di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan merupakan kesempatan emas yang tidak banyak orang termasuk prajurit TNI dan Polri yang memperolehnya. Untuk itu agar keberadaan selama di sini dimaksimalkan.

"Banyak prajurit TNI, Polri, dan sipil yang ingin belajar bahasa di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan ini. Tapi tidak banyak yang mendapat kesempatan. Karena sudah di sini maka optimallah belajarnya. Apalagi para dosennya adalah yang memang ahli di bidangnya," ungkap penulis banyak buku best seller ini.

Mutlak Belajar Komunikasi

Dr Aqua menambahkan selain mendalami bahasa, mutlak juga belajar komunikasi secara komprehensif. Kedua hal ini saling mendukung. Mereka yang komunikasinya bagus dan menguasai bahasa asing maka ditugaskan ke mana saja akan sukses.

Mantan wartawan di banyak media itu kemudian mengutip hasil penelitian internasional yang dilaksanakan pada 2002 tentang keberhasilan seseorang dalam karirnya. Urutan pertama adalah pada pengusaaan komunikasi.


Halaman:

Editor: Erwin Kustiman

Tags

Komentar

Terkini

X