Seorang Tewas, Sejumlah Rumah Roboh, Warga Lebak Masih Mengungsi

- 3 Agustus 2019, 05:25 WIB
RUMAH salah seorang warga Kampung Sukasari Desa Pagelaran Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, roboh akibat gempa.*/DINI HIDAYAT/KABAR BANTEN

LEBAK,(PR).- Seorang warga Kampung/Desa Cilangkahan Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak, Rasinah (40) tewas diduga terkena serangan jantung saat gempa dengan kekuatan 7.4 skala richter mengguncang beberapa wilayah di Provinsi Banten, pada pukul 19:03 WIB, Jumat 2 Agustus 2019.

Gempa yang membuat  ribuan warga Lebak bagian Selatan di antaranya Kecamatan Malingping, Bayah, Cihara, Panggarangan dan Wanasalam, mengungsi itu, juga merobohkan  sejumlah rumah.

Yeti salah seorang keluarga korban, mengatakan, gempa yang membuat panik ribuan warga hingga mengungsi ke dataran tinggi, menyebabkan seorang warga yang juga adik ipar rekan kerjanya, yakni, Rasinah (40) meninggal dunia saat gempa mengguncang.

“Iya, kasihan mana suaminya lagi gak ada di rumah, anaknya sekarang menangis terus,” ujarnya.

Terpisah, Kepala desa Pagelaran Kecamatan Malingping, Enok Herliawati, mengatakan, berdasarkan informasi dari ketua RT, rumah salah seorang warga Kampung Sukasari Desa Pagelaran, milik Juhariyah roboh rusak diguncang gempa.

“Belum dicek langsung, karena kami juga mengungsi ke dataran tinggi. Sudah saya laporkan ke pihak kecamatan terkait rumah yang roboh milik warga tersebut,” katanya kepada wartawan Kabar Banten Dini Hidayat.

Camat Bayah, Suyanto mengatakan, saat ini ribuan warga Bayah mengungsi setelah terjadi gempa berkekuatan 7,4 SR. Pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan.

“Warga Bayah mengungsi menyusul adanya pemberitahuan gempa berpotensi tsunami. Langkah yang kami lakukan memberitahukan peringatan kepada para kades, prades, Lembaga Desa. Tim Relawsn untuk  segera ke titik evakuasi yang telah ditentukan,” katanya.

Sementara itu, informasi dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Bayah dan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kecamatan Maling, Mumu Mahmudi dan ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lebak, Nurman, situasi pantai relatif aman. Tidak ada perubahan situasi yang berarti baik surut maupun pasang.

Halaman:

Editor: anef


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X