Minggu, 15 Desember 2019

Aqua Dwipayana: Sukses Tugas dengan Menyentuh Hati Masyarakat Papua

- 18 Juli 2019, 08:30 WIB
null

CIANJUR, (PR).- Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegas kunci sukses prajurit TNI di Papua adalah jika dapat menyentuh hati masyarakat Papua. Untuk itu pendekatannya harus menggunakan hati dan selalu hati-hati.

Penegasan itu disampaikan Dr Aqua di depan sekitar 760 prajurit TNI AD yang bertugas di Yonif Raider 300/Brajawijaya Cianjur pada Selasa, 16 Juli 2019. Dr Aqua membawakan materi berjudul Sukses Tugas Pengamanan Perbatasan di Papua dan Istri Amanah Menjaga Kehormatan Keluarga.

Komandan Yonif Raider 300/Brajawijaya Mayor Inf Ary Sutrisno sengaja mengundang motivator internasional tersebut untuk memberikan pembengkalan kepada jajarannya yang akan tugas pengamanan perbatasan Papua. Juga menguatkan semua istri prajurit yang akan ditinggal pergi oleh suaminya yang bertugas ke sana. Rencananya pada 23 Juli 2019 mendatang sebanyak 450 orang prajurit yang langsung dipimpin Ary tugas ke sana. Mereka dari Jakarta naik Kapal Republik Indonesia milik TNI Angkatan Laut. Mereka bertugas di Papua sekitar 9 bulan.

Terkait dengan itu, lanjut Bapak dua anak ini, sebelum berangkat tugas ke Papua pelajarilah karakteristik masyarakat di sana. Informasi tentang itu bisa diperoleh dari berbagai sumber. Di antaranya dari para prajurit yang pernah tugas di sana dan dari internet.

"Dalam Ilmu Komunikasi pelajaran tentang itu  disebut Komunikasi Lintas Budaya. Semakin banyak informasi dan data yang diperoleh tentang budaya dan karakteristik masyarakat satu daerah tambah baik sebab bisa menjadi acuan saat berkomunikasi dengan mereka," jelas Dr Aqua.

Selain itu mantan wartawan di banyak media ini menyarankan agar belajar dari pengalaman prajurit-prajurit lainnya yang pernah tugas di sana. Mereka yang diterima masyarakat adalah yang dapat berbaur dengan warga dan rendah hati. Saat ketemu dengan masyarakat ketika sedang bertugas, lanjut Dr Aqua, usahakanlah untuk menyesuaikan dengan kebiasaan mereka. Sepanjang tidak melanggar norma-norma, jalan terus.

"Terpenting niatkanlah tugas di Papua sebagai ibadah. Sepenuhnya karena Tuhan sehingga selama tugas di sana tidak ada beban dan semuanya lancar. Yakinilah itu," tegas doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran ini.

Dr Aqua turut mendoakan agar semua prajurit Yonif Raider 300/Brajawijaya lancar melaksanakan tugas-tugas. Sembilan bulan kemudian seluruhnya kembali ke Cianjur dalam keadaan sehat dan selamat.


Halaman:

Editor: Erwin Kustiman

Tags

Komentar

Terkini

X