Sabtu, 30 Mei 2020

Warga Caringin Protes Pembangunan Tanggul Pantai 

- 16 Juli 2019, 23:40 WIB
WARGA Caringin saat mendengar paparan dari pejabat Kementerian PUPR terkait rencana pembanguan revetment atau tangggul pengaman di Pantai Caringin. Proyek ini, diprotes oleh warga lantaran khawatir menggusur aktivitas masyarakat di sekitar kawasan tersebut.*/RIFAT ALHAMIDI/KABAR BANTEN

SERANG, (PR).- Sejumlah warga Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, memprotes rencana pembangunan proyek revetment atau tangggul pengaman pantai di daerah tersebut. Protes itu, mereka sampaikan langsung saat menghadap kepada sejumlah anggota Komisi IV DPRD Banten, Selasa 16 Juli 2019.

Warga yang mengatasnamakan Komunitas Anak Tepian Segara ini menyatakan, rencana pembangunan revetment bisa menggangu aktivitas masyarakat setempat. Sebab, banyak warga yang menggantungkan hidupnya dengan membuka kegiatan sejumlah kegiatan ekonomi di sekitar kawasan Pantai Caringin.

"Intinya, kami bukan menolak program pemerintah. Tetapi, pembangunan tanggul yang dikerjakan oleh pemerintah ini banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sekitar pantai jadi terganggu," kata perwakilan warga, Wahyudin Wahad saat audiensi di ruang Komisi IV DPRD Banten.

Di hadapan anggota Komisi IV, Wahyu menegaskan, proyek Kementerian PUPR tersebut bisa mengancam keberadaan warga sekitar. Sebab, banyak warga yang sudah membuka warung dagangan lantaran banyaknya wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut sebagai alternatif kunjungan dari Pantai Carita dan Anyer.

"Kami mau itu ditata lagi, sehingga tidak mengganggu aktivitas warga yang selama ini menggantungkan hidupnya di pantai. Yang terpenting, kami juga harus diajak bicara atas proyek ini. Karena pada prinsipnya, kami mendukung supaya tidak sia-sia," ujar Wahyu.

Sembuhkan penyakit

Selain menjadi tempat menggantungkan hidup masyarakat sekitar, Pantai Caringin, lanjut Wahyu, juga memiliki lokasi yang diyakini memiliki kandungan kadar air laut yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit tertentu. Kondisi itu, banyak dimanfaatkan bukan hanya oleh masyarakat lokal. Namun, warga dari luar daerah juga banyak yang datang hanya untuk mencoba khasiat dari kandungan air laut Pantai Caringin.

"Itu sudah terbukti, pak. Banyak dari luar Banten bahkan yang datang terus ke tempat kami. Ini harusnya bisa jadi pertimbangan. Jangan ini mah beko udah datang, sementara kami belum diajak bicara," tuturnya.

Belum lagi, kata Wahyu, di kawasan Pantai Caringin juga terdapat makam ziarah salah seorang tokoh agama yang namanya sudah tersohor hingga ke seluruh tanah air. Dia adalah, Syekh Asnawi Caringin.

"Kami minta supaya ada akses jalan yang dibangun sama pemerintah ke lokasi-lokasi di sana. Pada intinya, kami tetap memdukung proyek ini. Yang penting, tidak merugikan kami sebagai masyarakat sekitar," ucap Wahyu.

Halaman:

Editor: anef


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X