Kamis, 12 Desember 2019

600.000 Orang Indonesia Menderita AIDS, Tingkat Penularan Tinggi

- 15 Juli 2019, 21:44 WIB
FOTO ilustrasi cek darah tes HIV-AIDS.*/REUTERS

JAKARTA, (PR).-  Pemerintah Amerika Serikat melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan perusahaan perawatan kesehatan global Abbott bekerja sama untuk mendukung Indonesia dalam meningkatkan akses terhadap layanan diagnostik dan pengobatan HIV-AIDS yang berkualitas bagi mereka yang membutuhkan.

Melansir pers rilis Kedubes AS yang diterima PR Online melalui surel, Senin 15 Juli 2019, lebih dari 600.000 orang di Indonesia hidup dengan HIV-AIDS dan tingkat penularan tetap tinggi di antara berbagai kelompok kunci. 

Indonesia berkomitmen untuk mengendalikan epidemi ini dengan mencapai target PBB yaitu UN 90-90-90 Treatment for All Targets demi memastikan bahwa HIV tidak lagi menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat. Abbott dan USAID akan mempercepat kemajuan Indonesia dalam mencapai target dengan menyediakan teknologi dan sumber daya yang dibutuhkan sehingga lebih banyak orang yang bisa menjalani tes HIV -- dengan fokus khusus pada Jakarta dimana kasus HIV sangat terkonsentrasi.

Manajer Abbot di Asia Pasifik, Mahesh Natarajan, mengatakan bahwa sejak tahun 1994, Global Viral Surveillance Programme dari pihaknya telah melacak HIV di enam benua untuk membantu tes mereka mengimbangi perkembangan virus mematikan tersebut.

Sementara  Direktur USAID Indonesia, Erin E. Mckee mengungkapkan bahwa USAID mengakui komitmen tegas Indonesia untuk memastikan setiap orang di Indonesia yang hidup dengan HIV-AIDS memiliki kesempatan yang sama untuk panjang usia, sehat, dan produktif. "Dengan visi yang sama, kami bangga dapat menjalin kemitraan baru bersama Abbott. Bersama-sama, kami akan memperkuat kemampuan laboratorium Indonesia untuk menyediakan diagnosis HIV-AIDS yang berkualitas -- langkah ini penting untuk membawa pasien mendapatkan pengobatan dan kesehatan yang baik,” ujar  Direktur USAID Indonesia, Erin E. Mckee. 

Dalam mendukung Strategi Laboratorium Nasional Indonesia, kerja sama antara USAID dan Abbott memajukan kemandirian Indonesia dalam layanan diagnostik dan pengobatan HIV-AIDS dengan memanfaatkan kemampuan dan komitmen sektor swasta untuk menciptakan solusi yang inovatif, dinamis, dan berkelanjutan. Kerja sama ini hanyalah salah satu dari serangkaian inisiatif Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia dalam bidang kesehatan yang menunjukkan luasnya peran AS dalam Kerjasama Strategis AS-Indonesia.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X