Kunci Sukses Ekspedisi Destana Tsunami BNPB pada Penguasaan Komunikasi dan Data

- 14 Juli 2019, 08:57 WIB
PAKAR Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegaskan bahwa kunci sukses Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tergantung pada penguasaan komunikasi dan data .*/DOK. PRIBADI

BANYUWANGI, (PR).- Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegaskan bahwa kunci sukses Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tergantung pada penguasaan komunikasi dan data yang dimiliki seluruh anggota Tim. Semakin bagus komunikasinya dan makin lengkap data yang dipunyai maka tingkat keberhasilan ekspedisi ini tambah besar.

Dr Aqua menegaskan hal itu Jumat malam, 12 Juli 2019 di Pantai Boom Banyuwangi di depan ratusan anggota Tim Destana Tsunami yang berasal dari seluruh daerah tingkat II di Jawa Timur. Sebelumnya pada sorenya Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo membuka kegiatan tersebut di tempat yang sama. 

Banyak pejabat dari BNPB yang hadir di acara itu. Di antaranya Sestama Dody Ruswandi, 2 Deputi Harmensyah, Bernardus Wisnu Widjaja, Tenaga Ahli Egy Massadiah, Brigjen Pol Purn Hasanuddin, dan Marsda TNI Purn Bonar H. Hutagaol.

Aqua menambahkan sebelum datang ke desa-desa dan kelurahan-kelurahan sebaiknya Tim lebih dulu mempelajari secara detil karakteristik daerah tersebut termasuk tokoh-tokohnya. Itu sangat penting untuk memudahkan tugas-tugas Tim dan agar sukses.

"Meski sama-sama di satu provinsi, bisa saja karakteristik wilayah dan warga desa atau kelurahannya berbeda-beda. Sehingga pendekatannya juga tidak boleh sama. Jadi harus spesifik," tegas motivator internasional yang telah memotivasi ratusan ribu orang ini.

loading...

Selain itu, lanjut Dr Aqua, di setiap desa dan kelurahan tidak selalu yang berperan pemimpin formal. Ada di sejumlah daerah yang warganya lebih mendengarkan pemimpin informal seperti ulama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Komunikasi REACH

Semua info yang dibutuhkan tersebut menurut Bapak dua anak yang jadwal sharingnya padat sekali, bisa diperoleh secara detil dan akurat dengan memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Sehingga di mana saja, kapan saja, dan ketemu siapa saja komunikasinya nyambung.

Tidak kalah pentingnya, tambah Aqua yang sangat akrab dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, hati dan pikiran seluruh anggota Tim harus bersih. Jangan sekali-kali mengedepankan kecurigaan saat ketemu orang baru di desa-desa dan kelurahan-kelurahan yang dikunjungi.

"Tutur kata dan perilaku seseorang saat berkomunikasi sama orang lain sangat bisa dirasakan oleh lawan bicaranya. Jika hati dan pikirannya bersih bakal tercermin dari bahasa verbal dan nonverbalnya. Untuk itu selalulah jaga hati dan pikiran masing-masing," tegas Dr Aqua.

Halaman:

Editor: anef


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X