Sabtu, 7 Desember 2019

Asrama Haji Jawa Barat Embarkasi Jakarta-Bekasi Siap Digunakan

- 5 Juli 2019, 15:45 WIB
PETUGAS sedang melakukan persiapan akhir untuk menyambut kedatangan calon jemaah haji di Asrama Haji Jawa Barat Embarkasi Jakarta-Bekasi.*/RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

BEKASI, (PR).- Jemaah calon haji 1440 Hijriah rencananya akan mulai tiba dan menggunakan fasilitas Asrama Haji Jawa Barat Embarkasi Jakarta-Bekasi, Sabtu, 6 Juli 2019. Pada keberangkatan tahun ini, jemaah calon haji asal Jawa Barat terdiri atas 38.913 orang yang terbagi ke dalam 97 kelompok terbang.

Kloter pertama asal Kabupaten Bogor dijadwalkan tiba di Asrama Haji Bekasi pada Sabtu, 6 Juli 2019 pukul 11.00. Disusul kemudian Cianjur, Kabupaten Bandung, dan Kota Bekasi setiap dua jam berselang kemudian.

Jemaah akan berada di asrama selama 12-14 jam. Selama di asrama, jemaah akan mendapat pemeriksaan kesehatan tahap akhir, menerima paspor, gelang identitas, serta pembagian living cost.

Seperti terpantau Pikiran Rakyat, sejumlah petugas tengah berbenah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung pelayanan jemaah calon haji. Di Aula Arafah yang menjadi ruangan pertama yang disinggahi jemaah calon haji, telah disiapkan ratusan kursi. Di sisi lain Aula Arafah, sejumlah petugas tengah mengatur alat pemindai barang bawaan jemaah calon haji.

Sementara pada sudut lain embarkasi, tepatnya di gedung-gedung asrama, petugas dari katering juga sedang melakukan pemasangan alat di ruangan makan.

"Masing-masing gedung asrama ada peruntukan ruang makannya sendiri. Semua diselesaikan segera agar H-1 kedatangan jemaah, semua sudah siap," ucap Wahyu, penanggung jawab Gedung Mina E yang dijumpai Pikiran Rakyat, Kamis, 4 Juli 2019. 

Berbeda dengan persiapan sejumlah fasilitas yang disebutkan di atas, asrama tempat jemaah akan menginap selama berada di embarkasi, telah siap sejak jauh-jauh hari. Tempat tidur telah dipasangi seprei. Kasur tambahan pun sudah disiapkan di tiap-tiap kamar.

"Khusus untuk Mina D dan E yang gedungnya relatif baru dengan fasilitas kamar setara hotel, satu kamar bisa ditempati empat sampai lima jemaah," kata Wahyu.


Halaman:

Editor: Endah Asih

Tags

Komentar

Terkini

X