Minggu, 15 Desember 2019

Mau Pulang Kampung, Warga Karawang Nekat Congkel Kotak Amal Masjid

- 5 Juli 2019, 04:48 WIB
FOTO ilustrasi kotak amal masjid.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Nasib sial dialami Andi Irwansyah (42). Niat warga Karawang, Jawa Barat, ini untuk kembali ke kampung halamannya, malah terpaksa berakhir di penjara setelah kepergok oleh warga saat mencongkel kotak amal Masjid Attaubah, Lingkungan Panancangan Pasir, Kelurahan Kaligandu, Kota Serang, Kamis 4 Juli 2019. 

Informasi yang diperoleh, aksi pencurian ini terjadi sekitar pukul 11.25. Diduga kuat, Andi nekat mencongkel kotak amal dengan bermodalkan linggis, lantaran terdesak butuh uang untuk kembali ke kampung halamannya di Karawang. 

"Waktu itu ada ibu-ibu sedang menyuapi anaknya di samping masjid mendengar suara pecahan kaca. Pas diintip, pelaku ini sedang memasukan uang dari kotak amal ke dalam tasnya," kata Kanit Reskrim Polres Serang Kota Iptu Juwandi saat ditemui wartawan di ruang kerjanya. 

Setelah mengetahui aksi tersebut, warga kemudian berteriak maling dan meminta pertolongan masyarakat di sekitar tempat kejadian. Pelaku yang masih berada di dalam masjid pun tidak bisa berkutik dan langsung dihakimi oleh massa. "Barang buktinya Rp 1 juta lebih dan linggis untuk memecahkan kotak amal," ujarnya.

Untungnya, pelaku bisa diselamatkan dari amukan massa oleh petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Serang Kota. Saat itu, dua anggota polisi Brigadir Chevi dan Briptu Agus Riyanto sedang bertugas di Pos Polisi Serang Timur. 

"Dari pemeriksaan sementara, korban mengaku nekat mencongkel kotak amal untuk ongkos pulang ke Karawang. Dia sudah 4 hari di Kota Serang ada keperluan di Banten Lama," tuturnya. 

Akibat perbuatannya, Andi terancam dijerat Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KHUP) tentang pencurian. Ancaman hukuman paling lama tujuh tahun kurungan penjara. "Untuk linggis yang digunakan pelaku, memang sengaja dia beli di jalan," katanya.

 Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rahman Cipta Prawira membenarkan jika dua anggotanya berhasil membantu masyarakat menangkap pelaku pencurian kotak amal. Kasus tersebut selanjutnya dilimpahkan ke Reskrim Polres Serang Kota.

"Anggota kami menerima laporan dari masyarakat yang datang ke pos pol serang timur, kemudian langsung meluncur ke TKP dan mengamankan tersangka," katanya kepada wartawan Kabar Banten, Rifat Alhamidi.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X