Senin, 16 Desember 2019

Laporan Masyarakat Bisa Gugurkan Caleg Terpilih

- 3 Juli 2019, 06:44 WIB
ILUSTRASI caleg terpilih masih bisa digugurkan.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang berencana menggelar rapat pleno penetapan calon legislatif (caleg) terpilih periode 2019-2024 pada Kamis 4 Juli 2019. Hal itu setelah dipastikan bahwa tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Kota Serang. 

Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Mudlyat Mabrurri mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan pelaksanaan pleno penetapan caleg terpilih tersebut. "Semuannya tengah kita persiapkan, dan 45 caleg segera di tetapkan sebagai anggota DPRD Kota Serang terpilih," kata Fierly, Selasa 2 Juli 2019.

Menurutnya, 45 caleg yang akan ditetapkan sebagai caleg terpilih harus melengkapi tahapan verifikasi, mulai dari biodata, Laporan Pengeluaran Dana Kampanye (LPDK), dan perolehan suara terbanyak. "Ini semua harus dilengkapi, sebagai penunjang penetapan dewan terpilih di Kota Serang," ucapnya. 

Ia juga menyampaikan, pada pleno penetapan caleg terpilih nanti, masih terdapat kemungkinan caleg tersebut menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau digugurkan. Hal itu jika ada masyarakat yang mengusulkan jika caleg yang bersangkutan bermasalah seperti melakukan tindak pidana seperti pamalsuan ijazah, memanipukasi dokumen kependudikan, masih aktif sebagai ASN dan beberapa pelanggaran lainnya. Usulan itu harus dengan bukti otentik atau putusan dari pengadilan. 

"Masyarakat bisa melaporkan caleg bermasalah saat rapat pleno penetapan," katanya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho. 

Sementara itu, untuk syarat usulan pelantikan kepada Gubernur Banten. Saat ini baru 32 caleg yang sudah melengkapi persyaratan berupa tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sementara sisanya sebanyak 13 caleg belum menyerahkan. 

"Makannya kita mohon segera kepada Parpol untuk melengkapi persyaratan Pleno, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari," ujarnya.***
 



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X