Sabtu, 14 Desember 2019

Kapolri: Pelaku Bom Kartasura Tahu Cara Merakit Bom dari Internet

- 5 Juni 2019, 15:20 WIB
PETUGAS polisi melakukan olah tempat kejadian perkara lokasi kejadian bom bunuh diri di Pospam Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa, 4 Juni 2019.*/ANTARA FOTO

JAKARTA, (PR).- Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pelaku bom Kartasura, Jawa Tengah, RA, mengaku belajar cara merakit bom dari internet. Aksinya dinilai Tito kurang profesional dan bahkan cenderung gagal karena hanya dirinya sendiri yang terluka.

"Itu dia belajar dari internet melalui handphone, kemudian dia membeli juga (bahan-bahannya). Semua dia beli sendiri," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 5 Juni 2019.

Tito mengatakan, informasi itu didapat setelah polisi melakukan interogasi. Fakta tersebut diperkuat dengan ditemukannya bahan-bahan serta alat pembuat bom di rumah RA yang terletak di Kranggan Kulon, Wirogunan, Kabupaten Sukoharjo.

Mantan Kapolda Papua tersebut menambahkan, setelah merakit bom, pelaku kemudian menyurvei sendiri target operasinya. Selain itu, RA juga meledakkan sendiri bom buatannya.

"Dalam kasus ini, kesimpulan sementara kami sudah mendekati 90 persen ya, bahwa dia adalah lone wolf," ucap Tito, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Tito Karnavian mengatakan, ia yakin bahwa RA melakukan aksinya sendiri dan tidak terafiliasi jaringan teroris.
Mantan Kapolda Metro Jaya itu menjelaskan, berdasarkan sejumlah pengalaman, pelaku yang tergabung dalam jaringan teroris biasanya beraksi dengan bom berdaya ledak besar.

"Bomnya (RA) kita lihat itu tidak sempurna. Kalau dia sempurna, pasti meledak besar. Ini kan tidak meledak besar. Dia terluka, tapi masih bisa hidup," kata dia.

Selanjutnya, Tito menambahkan bahwa aksi yang dilancarkan RA terbilang kurang profesional, malah bisa dianggap gagal. "Operasinya relatif gagal. Karena apa? Karena yang kena dia sendiri. Padahal, dia mau nyerang pos polisi, tapi meledak di luar pos," ungkapnya.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X