Program Rantang Berkah di Purbalingga akan Dilanjutkan

- 3 Juni 2019, 16:13 WIB
null

 

PURBALINGGA, (PR).- Kepala Desa dan ratusan warga penerima manfaat Rantang Berkah meminta agar Pemerintah Kabupaten Purbalingga tidak menghapus program tersebut. Selama ini, program Rantang Berkah merupakan bantuan gizi kepada 305 warga penerima manfaat.

Kades Pekalongan Kecamatan Bojongsari Sumbono mengatakan, program Rantang Berkah sangat dirasakan penerima manfaat. Sebab, warga miskin sebatang kara bisa makan dengan gizi seimbang dua kali sehari.

"Warga kami yang sebatang kara dan tidak mungkin lagi bekerja bisa makan terjamin. Mereka  tidak tahu dengan cara apa makan, selama belum ada bantuan mereka ditanggung tetangga sekitar.  Namun sejak adanya program rantang berkah makanan mereka menjadi terjamin," katanya, Senin, 3 Juni 2019. 

Lebuh (83), warga Bojongsari yang hidup sebatang kara awalnya tidak terurus kini mendapat jaminan makan dari Pemkab setempat. Dia berharap bantuan tidak diputus.

Kamen (81) warga Desa Bukateja yang hanya bisa berbaring di tempat tidur selama ini hidupnya ditanggung tetangganya Sukiman. Menurutnya dengan program Rantang Berkah sangat dirasakan manfaatnya "Apalagi Rantang Berkah tersebut langsung diantarkan oleh penyedia makanan ke rumah Mbah Kamen," jelasnya. 

Hanif Aminudin, pengantar Rantang Berkah dari Warung Sambel Rawit Bukateja sebagai penyedia makanan pun mengakui program Rantang Berkah sangat bermanfaat bagi  penerima dan penyedia makanan. Setiap hari ia harus mengantarkan Rantang Berkah kepada 24 lansia sebatang kara yang menjadi penerima Rantang Berkah.

“Tentunya bagi warung sendiri ini bisa menambah penghasilan untuk warung ini (Sambel Rawit Bukateja, Red) dan kami untuk Rantang Berkah ini kami selalu menyediakan menu ganti-ganti setiap harinya,” kata Hanif.

Bupati Purbalingga  Dyah Hayuning Pratiwi mengakui, sebuah program perlu mendapat evaluasi apakah bermanfaat bagi masyarakat atau tidak dan sejauh mana masyarakat menginginkan program untuk dilanjutkan. Para penerima Rantang Berkah meminta kepada Bupati Purbalingga agar program tersebut dapat dilanjutkan. Tidak hanya itu, ia pun berharap penerima program tersebut dapat ditambah lebih dari 305 warga.

Halaman:

Editor: Eva Fahas


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X