Kamis, 12 Desember 2019

Menuju Jawa Tengah, Ada Sembilan Jalur Alternatif untuk Hindari Kemacetan pada Arus Mudik Lebaran 2019

- 1 Juni 2019, 08:50 WIB
SALAH satu jalur alternatif seperti Pekuncen-Kalisari-Cilongok yang diuji coba kepolisian untuk digunakan pemudik, Selain jalur ini, ada jalur alternatif Krajan-Kranggan dan jalur Karangsari-Panembangan yang disiapkan untuk memecah kemacetan di Pekuncen, Ajibarang, hingga Purwokerto.*/EVIYANTI/PR

PURWOKERTO, (PR).- Kabupaten Banyumas sebagai jalur perlintasan dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah sudah siap untuk dilalui selama arus mudik Lebaran 2019. Dinas Perhubungan Banyumas telah mempersiapkan setidaknya sembilan jalur alternatif untuk mengatasi kepadatan volume kendaraan yang akan masuk ke jalur selatan.

Kabupaten Banyumas akan dilalui pada dua jalur utama mudik, yakni jalur lintas selatan (JLS) dan jalur tengah yang terhubung ke jalur pantai utara (pantura) dan jalur selatan Jawa. Jalur selatan itu menghubungkan pemudik dari Jakarta atau Bandung melalui Garut-Tasikmalaya-Jawa Tengah. Sementara, jalur lainnya terhubung melalui Tol Cipali.

"Banyumas  merupakan daerah perlintasan, sehingga menjadi titik rawan macet, selama musim mudik dan balik Lebaran, " kata Kepala Seksi Rekayasa dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Hermawan, Jumat, 31 Mei 2019.

Oleh karena itu, kata Hermawan, Dinas Perhubungan telah menyiapkan sembilan jalur alternatif yang tersebar di seluruh wilayah. Jalur alterbatif tersebut tetap terhubung dengan jalur utama arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

Ada sembilan jalur alternatif yang disiapkan. Pertama adalah jalur Lumbir-Kracak-Ajibarang. Jalan itu menghubungkan ruas jalan nasional selatan menuju jalur tengah Purwokerto-Brebes.

Kemudian,  beberapa jalur alternatif seperti Pekuncen-Kalisari-Cilongok, Krajan-Kranggan, dan jalur Karangsari-Panembangan. Ketiganya disiapkan untuk memecah kemacetan di Pekuncen, Ajibarang, hingga Purwokerto.

Hermawan menuturkan, dari simpang tiga Ajibarang ke arah barat, potensi kepadatan kendaraan diperkirakan terjadi hingga Pekuncen. Sementara, ke arah timur, potensi macet hingga Cilongok-Purwokerto, serta ke arah selatan hingga Wangon.

"Untuk memecah kepadatan di simpang tiga Ajibarang kami sudah siapkan jalur alternatif Pekuncen-Krajan dan Legok-Kalisari-Cilongok untuk memecah kemacetan baik ke arah timur, barat, atau selatan Ajibarang," ucapnya.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X