Minggu, 19 Januari 2020

Jalur Urut Sewu Tawarkan Pemandangan Indah bagi Pemudik

- 24 Mei 2019, 05:13 WIB
JALUR pantai selatan menawarkan pemandangan yang indah bagi pemudik.*/YOUTUBE

KEBUMEN , (PR).- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merekomendasikan kepada pemudik untuk menggunakan  jalur sepanjang pantai selatan (pansela) atau dikenal  Jalan Urut Sewu Kebumen untuk mudik Lebaran 2019

"Jalan di jalur Pansela   sepanjang 211,95 km,  kodisi jalannya   bagus serta   pemandangan alam Jawa Tengah selatan yang  menawan," kata Gubernur usai pengecekan jalan di Urut Sewu Kebumen.

Jalan Urut Sewu merupakan jalan alternatif ke arah Purworejo selain Jalan Ambal-Kembaran jika dari Jalan Diponegoro Kebumen dan jalan alternatif ke Banyumas atau Cilacap selain Jalan Daendels. Pengecekan jalan tersebut dilakukan Ganjar pada Kamis 23 Mei 2019 setelah sebelumnya mengecek persiapan mudik di jalur tengah, Kabupaten Semarang-Magelang.

Ganjar mantap merekomendasikan jalur selatan untuk dilewati selain karena kualitas jalan, pemandangan yang disajikan di kawasan itu juga cukup menawan. Mulai dari areal persawahan, perbukitan, perkebunan kelapa hingga pantai.

"Ini aspalnya juga bagus, model Jerman kalau tidak salah. Lebih kuat karena agak kasar. Jalurnya bagus dan tempatnya indah. Ini kita siapkan untuk pemudik yang lewat selatan. Ini sudah siap dilintasi pemudik. Kendaraan ini sudah berlalu lalang," ujarnya. 

Dari total panjang jalan mencapai 211.95 km, hingga tahun anggaran 2018 sudah dikerjakan sepanjang 151,23 km atau 71,35 persen. 

Minim penerangan

Ganjar yang sehabis nyekar di makam kedua orangtuanya di Purworejo kemudian meluncur menuju titik awal Jalan Urut Sewu Kebumen. Melihat kualitas aspalnya, Ganjar pun tergoda untuk melintasi jalur itu sampai ke ujung.

"Kalau kemarin semua orang ngecek Pantura, sekarang kita mau cek jalur selatan. Saya mau muter sampai pol jalan ini, saya ini mau memastikan jalan ini sampai ujungnya. Jadi mungkin tembusnya ke Banyumas dan terus saya berlanjut ke utara," terang Ganjar.

Meski begitu, Ganjar menyarankan pada pemudik yang memilih jalur selatan untuk berhati-hati karena masih minimnya lampu penerangan jalan. Dengan masih ada kekurangan itu, dia berjanji bakal segera menangani agar para pemudik yang melintas merasa aman dan nyaman.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X