Senin, 16 Desember 2019

Asal Usul Nama Tempat, Ragunan Itu Nama Gelar Hendrik Lucaasz Cardeel (3)

- 16 Mei 2019, 05:17 WIB
RAGUNAN dikenal dengan taman margasatwanya. Presiden Joko Widodo bersama istri saat mengunjungi taman margasatwa Ragunan.*/DOK. PR

ASAL usul nama tempat kadang cukup unik. Latar belakang pemberian namanya sering tidak terduga. Bisa dari suatu kejadian, berasal dari tanaman atau hewan, bahkan yang lucu ada yang diawali dari salah ucap.

Berikut ada beberapa nama tempat di Jakarta berikut latang belakang pemberian namanya. Ada yang mengandung sejarah, ada juga yang menundang tawa. Silakan disimak.

24. Ragunan

Berasal dari Wiraguna, yaitu gelaran yang disandang tuan tanah pertama kawasan tersebut bernama Hendrik Lucaasz Cardeel yang diperolehnya dari sultan Banten Abunasar Abdul Qahar, Putra Sultan Ageng Tirtayasa.

25. Paal Meriam

Asal usul nama daerah yang berada di perempatan Matraman dengan Jatinegara ini berasal dari  suatu peristiwa sejarah yang terjadi sekitar tahun 1813. Pada waktu itu pasukan altileri meriam Inggris yang akan menyerang Batavia mengambil daerah itu untuk meletakkan meriam yang sudah siap ditembakkan.Peristiwa tersebut sangat mengesankan bagi masyarakat sekitar dan menyebut nama daerah ini Paal Meriam (tempat meriam dipersiapkan).

26. Cawang

Dahulu kala, ketika Belanda berkuasa ada seorang letnan melayu yang mengabdi pada kompeni bernama Ence Awang. Letnan ini bersama anak buahnya bermukim dikawasan yang tak jauh dari Jatinegara. Lama kelamaan sebutan Ence Awang berubah menjadi Cawang.

27. Condet (Batu Ampar & Bale Kambang)


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X