Jumat, 21 Februari 2020

Asal Usul Nama Tempat, Senayan Itu Nama Orang Bali (1)

- 16 Mei 2019, 03:18 WIB
STADION Gelora Bung Karno jadi salah satu ikon di kawasan Senayan, Jakarta.*/ISTIMEWA

ASAL usul nama tempat kadang cukup unik. Latar belakang pemberian namanya sering tidak terduga. Bisa dari suatu kejadian, berasal dari tanaman atau hewan, bahkan yang lucu ada yang diawali dari salah ucap.

Berikut ada beberapa nama tempat di Jakarta berikut latang belakang pemberian namanya. Ada yang mengandung sejarah, ada juga yang menundang tawa. Silakan disimak.

1. Glodok

Asalnya dari kata grojok yang merupakan sebutan dari bunyi air yang jatuh pada pancuran air. Di tempat itu dahulu kala ada semacam waduk penampungan air kali Ciliwung. Orang Tionghoa dan keturunannya menyebut grojok dengan glodok karena orang Tionghoa sulit mengucap kata grojok seperti layaknya orang pribumi.

2. Kwitang

Dulu di wilayah tersebut sebagian tanah dikuasai dan dimiliki oleh tuan tanah yang sangat kaya raya sekali bernama Kwik Tang Kiam. Orang Betawi zaman dulu menyebut daerah itu sebagai kampung si kwi tang dan akhirnya lama-lama tempat tersebut dinamai Kwitang.

3. Senayan

Dulu daerah Senayan adalah milik seorang yang bernama Wangsanayan yang berasal dari Bali. Tanah tersebut disebut orang-orang dengan sebutan Wangsanayan yang berarti tanah tempat tinggal atau tanah milik Wangsanayan. Lambat laun akhirnya orang menyingkat nama Wangsanayan menjadi Senayan.

4. Menteng

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X