Sindikat Bobol ATM Cuma Pakai Kawat

- 30 April 2019, 07:47 WIB
ILUSTRASI pencurian uang di ATM.*/DOK. PR

YOGYAKARTA,(PR).- Kawanan pencuri beraksi membobol mesin ATM bank yang terpasang di salah satu SPBU Jalan Sugeng Jeroni Yogyakarta. Sindikat ini beraksi dengan cara mencongkel mesin ATM menggunakan kawat. Satu pelaku yakni Am (49), warga Cisarua Bogor Jawa Barat (Jabar) berhasil ditangkap, sedangkan dua anggota sindikat lainnya melarikan diri.

Kapolsekta Wirobrajan Kompol Sugiyanta kepada wartawan, Senin 29 April 2019 mengatakan, penangkapan terhadap tersangka dilakukan saat mereka beraksi di anjungan yang berada di SPBU Jalan Sugeng Jeroni, Sabtu 27 April 2019 dini hari. Saat itu petugas bank sedang melakukan pemeriksaan rutin ATM dan melihat tiga orang dengan gerak-gerik mencurigakan di sekitar anjungan.

Beberapa petugas bank langsung menuju ATM, saat itu para pelaku malah melarikan diri. Am yang berada di dalam anjungan tertangkap sedang berupaya mencongkel mesin ATM pada bagian tempat keluarnya uang menggunakan kawat.

“Saat penangkapan di dalam box ATM ada dua orang yakni tersangka Am dan temannya, sedangkan pelaku lain menunggu di dalam mobil Avanza plat G. Tersangka Am mencoba melarikan diri namun berhasil ditangkap dan pelaku lain lari ke perkampungan, sedangkan yang bertindak sebagai sopir kabur dengan mobil,” katanya.

Dalam sindikat ini Am berperan sebagai eksekutor yang bertugas mencongkel mesin ATM. Dua pelaku lain yang kini telah ditetapkan sebagai DPO bertindak mengamati sekitar lokasi sasaran dan seorang lagi merupakan sopir.

Pelaku segera diserahkan kepada petugas beserta barang bukti berupa kawat dan sebuah lampu senter warna hijau. Dalam aksinya mencongkel mesin ATM di Jalan Sugeng Jeroni tersebut sindikat ini berhasil mengumpulkan uang total sebesar Rp 2.000.000.

“Diduga para pelaku merupakan sindikat pembobol ATM lintas provinsi. Mereka beraksi di beberapa lokasi saat dalam perjalanan dari Jabar menuju ke daerah yang akan dijadikan sasaran,” ujarnya.

Untuk wilayah DIY menurut pengakuan sementara pelaku, mereka beraksi di mesin ATM wilayah Ambarketawang dan berhasil mendapat Rp 2.500.000. Sedangkan di mesin ATM yang terletak di sebuah kampus kawasan Ngestiharjo Kasihan Bantul, komplotan ini tak berhasil mendapatnya uang.

Kawanan ini beraksi saat dini hari dimana lokasi sekitar anjungan tengah sepi dan tak banyak orang yang melakukan penarikan tunai. Petugas hingga kini masih memburu dua pelaku lain yang identitasnya telah diketahui.***

Halaman:

Editor: anef


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X