Jumat, 28 Februari 2020

Enam TPS Masih Menunggu Kiriman Logistik

- 12 April 2019, 15:52 WIB
null

SERANG,(PR).- Logistik untuk 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Cikande dan Kibin belum dilengkapi hingga Jumat 12 April 2019. Hal itu dikarenakan enam TPS tersebut merupakan tambahan yang mengakomodir Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) dan baru diplenokan pada Kamis kemarin.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya mengatakan, logistik di 6 TPS tersebut sudah disampaikan kekurangannya ke KPU RI. Logistik tersebut di antaranya bilik, kotak suara hingga surat suara. Kemungkinan untuk kekurangan tersebut akan dilengkapi malam ini. "Maksimal hari ini sudah ada keputusan nanti malam ada pengiriman surat suara," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Dindin Hasanudin.

Abidin menjelaskan, alasan belum dilengkapinya logistik di 6 TPS tersebut karena DPTb baru diputuskan Kamis kemarin. Sehingga baru diketahui ada penambahan atau tidaknya pemilih.
Kemudian penetapan DPTb juga baru dilakukan hari ini di tingkat provinsi dan Sabtu 13 April 2019 di tingkat KPU RI. 

"DPTb ini juga berimplikasi terhadap kebutuhan logistik. Alasannya jelas jadi putusan MK kita harus mengakomodir untuk DPTB itu sampai H-7 sehingga berdampak dan KPU RI sudah mengantisipasi tapi untuk Kabupaten Serang hanya 6 TPS 5 di Kibin 1 di Cikande dan itu sedang di olah setelah diputus baru dilengkapi dan itu sudah diantisipasi," tuturnya.

Disinggung soal jumlah pemilih di enam TPS tersebut, Abidin mengaku tidak hapal. "Yang jelas di empat TPS yang di Kibin itu ada sekitar 1.200 pemilih," ungkapnya.

Rencananya, kata dia, dari 5 TPS di Kibin tersebut 4 di antaranya ada di dalam Pabrik Nikomas. Sedangkan satu TPS lainnya ada di luar tetapi masih berada di wilayah Desa Tambak. "Itu di TPS 20, 21, 23 dan 24 satu lagi di luar. Kemudian kalau di Cikande itu di TPS 53 di perumahan pasopati," ucapnya.

Dirinya optimistis logistik tersebut akan dapat dilengkapi dalam rentang waktu Jumat-Sabtu 12-13 April 2019. "Kita optimis tetap mengantisipasi kekurangan itu komunikasi dan koordinasi tetap kita bangun," ujarnya.

Jika kemudian logistik itu tidak datang, maka pihaknya mengantisipasi dengan meminjam ke daerah terdekat yakni Kota Serang. "Antisipasinya bisa ke daerah terdekat gunakan kotak bilik, misal Kota Serang dekat dengan kita dan kelengkapan cukup kita bisa minta bantuan," tuturnya.***


Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X