Mensos Risma Siap Bantu Kebutuhan Lumbung Sosial 4 Daerah di Kalteng

- 25 November 2021, 20:00 WIB
Mensos Risma menyatakan, lumbung sosial merupakan sarana untuk membantu masyarakat terdampak bencana tetap memiliki akses terhadap kebutuhan pokok.
Mensos Risma menyatakan, lumbung sosial merupakan sarana untuk membantu masyarakat terdampak bencana tetap memiliki akses terhadap kebutuhan pokok. /Dok. Kemensos

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma memimpin rapat koordinasi dengan para kepala daerah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Rakor membahas langkah-langkah mitigasi bencana di Kalteng mengantisipasi puncak musim hujan Februari 2022.

Dalam rapat ini, masing-masing peserta memaparkan kondisi daerah, termasuk menentukan koordinat di mana lokasi untuk mendirikan lumbung sosial.

Risma menyatakan, lumbung sosial merupakan sarana untuk membantu masyarakat terdampak bencana tetap memiliki akses terhadap kebutuhan pokok.

Baca Juga: Iran Minta Hindari Pernyataan Bernada Politik Terkait Kerja Sama dengan Badan Nuklir PBB

Meski demikian, lumbung sosial tidak hanya berisi kebutuhan logistik makanan, namun juga beberapa kebutuhan yang menopang kelangsungan kehidupan sosial masyarakat terdampak bencana.

“Seperti di Sintang (Kalimantan Barat), itu sudah satu bulan setengah dalam kondisi darurat. Mereka juga mengalami mati lampu,” katanya.

Dia menyebutkan, nantinya lumbung sosial tersebut tidak hanya berisi bahan makanan, tapi ada juga kebutuhan lainnya seperti genset, bahan bakar, perahu karet, penjernih air, pompa air, tenda, selain juga bahan kebutuhan pokok.

Baca Juga: Live Streaming Persija Jakarta vs Bali United, Dapatkan Link di Sini

Pendirian lumbung sosial kata dia sangat tergantung dengan kondisi geografis dan kebutuhan daerah.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X