Kucurkan Dana Bantuan, Indonesia dan Prancis Kerja Sama Percepatan Transisi Energi

- 25 November 2021, 17:45 WIB
Penandatanganan Letter of Intent (LoI) Kerja Sama Percepatan Transisi Energi Indonesia-Prancis.
Penandatanganan Letter of Intent (LoI) Kerja Sama Percepatan Transisi Energi Indonesia-Prancis. /Maritim.go.id

PIKIRAN RAKYAT – Prancis dan Indonesia menandatangani Letter of Intent (LoI) Kerja Sama Percepatan Transisi Energi yang dilakukan untuk meningkatkan kemitraan dan implementasi berbagai program strategis sektor energi di Indonesia.

LoI ditandatangani oleh Duta Besar Perancis Olivier Chambard; Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Basilio Dias Araujo; Country Director Agence Française de Développement Emmanuel Baudran; dan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Zulkifli Zaini.

Penandatanganan turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Jean-Yves Le Drian.

Menurut Menko Marves, kerja sama antar kedua negara penting bukan hanya di sektor energi, tetapi di sektor ekonomi, kesehatan, industri IT, pertahanan, kemaritiman, dan lingkungan.

Baca Juga: Kabur Karantina, Bagaimana Kelanjutan Kasus Rachel Vennya?

Disebutkan bahwa LoI memuat skema pinjaman konsesi pengembangan kebijakan Sustainable and Inclusive Energy Programme; Pinjaman konsesi kepada PLN untuk proyek transmisi dan distribusi; serta hibah untuk tenaga ahli dan studi kelayakan, termasuk kredit kepada bank milik negara untuk proyek pembangkit listrik tenaga mini hidro dan energi terbarukan lainnya.

Sementara itu, Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian menyatakan kesiapannya dalam hal penanaman investasi terutama di bidang kesehatan dan energi energi terbarukan.

“Transformasi dan inovasi teknologi dalam bidang energi sangat penting dan untuk itu investasi dalam dua bidang ini akan kami lakukan di Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Mau Hang Out di Bali? Cek 3 Pantai Ini!

Ia menyebutkan bahwa hal tersebut didasarkan pada berbagai capaian Indonesia di bawah kepemimpinan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan dalam menangani Covid-19 di tingkat nasional dan berbagai strategi program di bidang energi.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X