Mengenal Roehana Koeddoes, Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia yang Ditampilkan Google Doodle Hari Ini

- 8 November 2021, 06:13 WIB
Mengenal sosok Roehana Koeddoes, jurnalis perempuan pertama Indonesia yang hari ini dijadikan Google Doodle.
Mengenal sosok Roehana Koeddoes, jurnalis perempuan pertama Indonesia yang hari ini dijadikan Google Doodle. /Tangkap Layar Laman Google Doodles

PIKIRAN RAKYAT- Pada hari Senin, 8 November 2021, Google Doodle kali ini menampilkan sosok perempuan dari ranah Minang bernama Roehana Koeddoes.

Sosok Roehana Koeddoes yang ditampilkan Google Doodle hari ini, dikenal sebagai jurnalis perempuan pertama di Indonesia yang kemudian dijadikan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2019.

Sebagaimana ilustrasi sosok perempuan yang terlihat mengenakan penutup kepala "tikuluak tanduak" di Google Doodle, Roehana Koeddoes merupakan perempuan yang lahir di Provinsi Sumatera barat.

Lahir sebagai Siti Roehana di kota kecil Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto, Sumatera Barat pada tanggal 20 Desember 1884, Roehana Koeddoes wafat di usia 87 tahun pada 17 Agustus 1972.

Baca Juga: Makan Steak Berlapis Emas Seharga Rp14 Juta, Pejabat Vietnam Tuai Kecaman

Ia memiliki adik tiri bernama Soetan Sjahrir, tokoh yang juga memiliki peran penting pada pemerintahan Indonesia pada saat itu.

Soetan Sjahrir sendiri merupakan Perdana Menteri Indonesia yang pertama dan juga merupakan salah satu founding fathers Indonesia.

Roehana dibesarkan selama era ketika perempuan Indonesia pada umumnya tidak mendapat pendidikan formal dan sangat dibatasi.

Ia mengembangkan kecintaan terhadap membaca, dengan membaca berbagai literasi lokal dan berbagi berita lokal dengan teman-temannya pada usia tujuh tahun.

Halaman:

Editor: Arman Muharam


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network