Uji Kelayakan Hadi Tjahjanto, Tunjukkan Soliditas TNI-Polri

- 6 Desember 2017, 11:20 WIB

SORAK sorai dari sejumlah petinggi TNI-Polri terdengar seiring disebutnya nama Marsekal Hadi Tjahjanto oleh Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Rabu 6 Desember 2017 sore.

Dalam paparannya, Kharis menyebut Komisi I telah menyetujui Hadi sebagai Panglima TNI menggantikan Gatot Nurmantyo.

“Kami memberikan persetujuan kepada Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Beliau dinilai punya rekam jejak yang mumpuni sebagai KSAU dan memenuhi syarat dan punya kecakapan,” kata Kharis.

Euforia dipilihnya Hadi sebagai kandidat baru Panglima TNI sebenarnya sudah terasa sejak kedatangan Hadi ke DPR untuk menghadiri uji kepatutan dan kelayakan. Hadi yang masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara datang didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi, dan puluhan perwira tinggi baik dari Angkatan Darat, Laut, Udara, bahkan Kepolisian.

Seusai konferensi pers, Hadi pun diarak oleh para perwira ini. Bahkan, lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 1986 itu digotong sambil dielu-elukan dan diakhiri dengan foto bersama dari para perwira TNI-Polri angkatan 1986 sambil satu per satu memberi selamat untuk Hadi.

loading...

Menurut Gatot, kekompakkan para perwira tinggi ini menunjukkan kesatuan dukungan kepada Hadi. Bahkan, KSAD dan KSAL yang lebih senior pun siap dipimpin oleh pria asal Malang itu.

“Ini penting karena dalam akademi militer, senior sama junior agak bagaimana. Tapi dengan demikian KSAD dan KSAL siap dipimpin Pak Hadi,” kata Gatot.

Gatot yang akan digantikan oleh Hadi pun mengaku tulus dan ikhlas menyerahkan tongkat komandonya untuk Hadi. Dia juga bangga karena presiden memilih calon yang tepat untuk menggantikan dirinya.

“Saya siap mendampingi apabila diperlukan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X