Isu Maling Uang Rakyat Jadi yang Paling Dikhawatirkan Masyarakat, Peneliti ICW Ungkap Pandangannya

- 28 Oktober 2021, 07:52 WIB
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter.
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter. / Tangkapan layar YouTube Najwa Shihab

PIKIRAN RAKYAT - Maling uang rakyat (korupsi) jadi isu yang paling dikhawatirkan oleh masyarakat dalam survei nasional September 2021 yang dilaporkan Indikator Politik.

Menanggapi hasil survei ihwal maling uang rakyat yang menjadi kekhawatiran masyarakat tersebut, peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter Kaban mengungkap pandangannya.

Peneliti ICW itu menyebut bahwa, kasus maling uang rakyat sering kali dianggap sebagai isu yang elite.

“Kita kan seringkali beranggapan bahwa korupsi itu isu yang elite, karena dia memang menjerat pejabat publik atau penyelenggara negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), atau yang lainnya. Tapi begitu melihat survei ini jadi agak mix banget,” kata peneliti ICW tersebut.

Baca Juga: Menangis Saat Dihipnotis, Celine Evangelista Minta Maaf ke Stefan William dan Singgung Soal Kebahagiaan

Hal tersebut dikatakan oleh dia dapat dipahami lantaran merupakan fenomena yang dekat.

“Kita memang diperhadapkan dengan berita-berita besar, yang mana karena memang sering sekali itu nilainya sangat tangible, kerugian negara sekian banyak, suap sekian besar, itu sesuatu yang bisa kita pegang,” katanya, seperti dikutip dari kanal YouTube Najwa Shihab pada 28 Oktober 2021.

“Kalau misalnya jumlah kerugian negara sekian banyak itu dikonversi jadi pembangunan sekolah, berapa banyak sekolah yang didapat, misal. Itu sesuatu yang tangible dan orang bisa relate dengan itu,” tuturnya.

Selain itu, dia juga menerangkan bahwa, di sisi lain sering pula kita dihadapkan dengan petty corruption atau maling uang rakyat kecil-kecilan.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X