Heboh Soal Pelat RFS Rachel Vennya, Ternyata Bisa Dimiliki Masyarakat, Simak Penjelasannya

- 28 Oktober 2021, 07:46 WIB
Rachel Vennya saat menjalani pemeriksaan.
Rachel Vennya saat menjalani pemeriksaan. /Antara Foto/Reno Esnir

PIKIRAN RAKYAT - Belum lama ini, masyarakat kembali dihebohkan usai pemeriksaan selebgram Rachel Vennya terkait kasus dugaan kabur dari Wisma Atlet, dia menggunakan mobil dengan pelat nomor RFS yang tidak sesuai peruntukannya.

Namun, ternyata masyarakat memang dapat memperoleh dan memasang pelat nomor kendaraan RFS. Tapi perlu diketahui, pelat khusus itu dapat digunakan semua orang asalkan mampu membayar penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Disampaikan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono, pada Rabu, 27 Oktober 2021, dia menyampaikan setiap pelat RFS memiliki tarif yang berbeda sesuai dengan angka yang tertera pada pelat nomor kendaraan.

“(Tarifnya) itu berbeda, untuk RFS satu angka Rp15 juta, kemudian yang dua angka Rp10 juta dan tiga angka Rp7,5 juta,” ujar AKBP Argo Wiyono saat dikonfirmasi, Rabu, 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Menangis Saat Dihipnotis, Celine Evangelista Minta Maaf ke Stefan William dan Singgung Soal Kebahagiaan

Selain itu, Argo lantas mengungkap, terdapat perbedaan khusus antara pelat RFS biasa milik masyarakat dengan milik pejabat yang terlihat pada pajak kendaraannya.

Dalam hal ini, menurutnya, CC atau kapasitas mesin kendaraan yang semakin tinggi maka biaya pajak kendaraan semakin mahal.

“Kalau pajak nomor pilihan kan sesuai angka, sementara pajak kendaraan itu disesuaikan dengan pelat dan CC tiap kendaraan,” katanya.

Lebih lanjut, Argo menegaskan masyarakat pun dapat memiliki pelat khusus kendaraan RFS asalkan tidak menyerupai pelat pejabat pemerintahan yang terdiri dari empat angka dengan angka pertama 1.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X