Harga PCR Turun, Wagub Riza Patria Yakin Lab di Jakarta Tak Akan Bandel

- 28 Oktober 2021, 07:35 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab pertanyaan wartawan mengenai harga PCR. Dia memastikan lab di Jakarta akan mengikuti instruksi pemerintah pusat.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab pertanyaan wartawan mengenai harga PCR. Dia memastikan lab di Jakarta akan mengikuti instruksi pemerintah pusat. /Pikiran Rakyat/Amir Faisol

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria meyakini bahwa laboratorium yang ada di Jakarta tidak akan bandel dana akan mengikuti instruksi pemerintah pusat mengenai penurunan harga tes PCR (Polymerase Chain Reaction).

"Sudah ada aturannya nggak mungkin mereka bandel, mereka kan bersinergi berkoordinasi dengan Pemprov," katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu, 27 Oktober 2021.

Menurutnya, penurunan harga tes PCR akan membantu masyarakat karena di tengah pandemi Covid-19 ini kebutuhan akan hal ini sangat tinggi. Dia memastikan bahwa Jakarta akan merespons dengan cepat.

Dengan diturunkannya harga PCR ini kata dia, maka akan membantu dan mempercepat pemantauan penyebaran Covid-19 karena tracing dapat terkontrol.

Baca Juga: Menangis Saat Dihipnotis, Celine Evangelista Minta Maaf ke Stefan William dan Singgung Soal Kebahagiaan

"Orang semakin mudah bisa melakukan tes PCR sebanyak mungkin dan sesering mungkin," ucapnya.

Kementerian Kesehatan kembali melakukan evaluasi mengenai batasan tarif tertinggi pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir mengatakan evaluasi yang dilakukan melalui perhitungan biaya pengambilan dan pemeriksaan RT-PCR, terdiri dari komponen-komponen jasa pelayanan/SDM, komponen reagen dan bahan habis pakai (BHP), komponen biaya administrasi, Overhead, dan komponen biaya lainnya yang kita sesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Dari hasil evaluasi, kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR diturunkan menjadi Rp275.000 untuk pulau Jawa dan Bali, serta sebesar Rp300.000 untuk luar pulau Jawa dan Bali," katanya.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X