Minggu, 15 Desember 2019

Pembentukan Densus Antikorupsi Ditunda

- 24 Oktober 2017, 07:29 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto di Istana Kepresidenan, Selasa, 23 Oktober 2017.*

JAKARTA, (PR).- Usulan Kapolri Tito Karnavian membentuk Detasemen Khusus Antikorupsi setidaknya tidak akan direalisasikan untuk saat ini. Setelah dirapatkan secara intern di Istana Kepresidenan, Selasa, 24 Oktober 2017, diputuskan persoalan Densus Tipikor ditunda.

Hasil rapat juga memutuskan bahwa usulan pembentukan Densus Tipikor dilimpahkan ke Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan untuk dikaji lebih jauh.

"Ada tidaknya keputusan densus tipikor ini, nanti diserahkan pendalamannya kepada Kemenkopolhukam. Tentu, nanti saya akan koordinasi lagi dengan semua pihak," kata Menkopolhukam Wiranto seusai rapat di Istana Presiden.

Dia mengatakan, berbagai sudut pandang mengenai pembentukan Densus telah dikaji dalam rapat intern tersebut. Beberapa sudut pandang yang akhirnya mendorong ditundanya keputusan tentang densus adalah terkait struktur kelembagaan dan kepegawaian serta anggaran.

Menurut Wiranto, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyatakan dalam rapat bila pembentukan densus memerlukan proses. Pertama-tama, Kemenpan-RB perlu menerima usulan struktur kelembagaan dan kepegawaian densus. Kemudian, harus ada persetujuan antara dua lembaga, yakni kepolisian dan kejaksaan untuk penyusunan struktur organisasi itu.

Terkait penyusunan struktur yang melibatkan kepolisian dan kejaksaan itu, menurut dia, yang terpenting adalah lebih dulu tersedia payung hukumnya. Pengaturan diperlukan terutama bila sudah menyangkut teknis penyelidikan, penyidikan dan penuntutan yang dilakukan dalam satu atap.

"Baru nanti ada satu usulan kepada presiden mengenai Densus Tipikor. Ini semuanya perlu proses," kata Wiranto.

Selain itu, terkait persoalan anggaran. Pada bulan ini, APBN 2018 harus segera disahkan. Dengan demikian, terlalu singkat membahas Densus Tipikor dari segi anggaran karena anggarannya pun dalam waktu dekat ini segera disahkan.

"Kesimpulannya dari berbagai pendapat itu, maka diputuskan pembentukan Densus Tipikor untuk sementara ditunda. Pada saat yang tepat akan ada penjelasan lagi tentang pendalaman itu," katanya.


Halaman:

Editor: Muhammad Ashari

Tags

Komentar

Terkini

X