Sri Mulyani: Kebijakan Fiskal Benar-Benar Dirancang Agar Kita Bisa Memanfaatkan Situasi Luar Biasa Ini

- 23 Oktober 2021, 19:40 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. /Twitter.com/@KemenkeuRI

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan Indonesia sejak awal merespons pandemi Covid-19 dengan berbagai kebijakan yang fokus kepada menyelamatkan rakyat dari ancaman di bidang kesehatan dan memberikan dukungan kepada masyarakat, terutama yang paling rentan.

Pasalnya, pandemi Covid-19 telah memberikan implikasi di bidang sosial, ekonomi, keuangan hingga berpotensi memperlebar ketimpangan.

Oleh karena itu, Sri Mulyani menegaskan bahwa kebijakan fiskal dirancang agar negara bisa memanfaatkan situasi luar biasa akibat pandemi dengan kebijakan yang extraordinary

“Kebijakan fiskal benar-benar dirancang agar kita bisa memanfaatkan situasi luar biasa ini dengan kebijakan yang juga extraordinary,” katanya.

Baca Juga: Viral Lamborghini Aventador Ringsek Akibat Kecelakaan, Pemilik Kabur dan Diduga Mobil Rental

Namun, ia menuturkan jika hal tersebut tidak dapat dilanjutkan dan harus memikirkan dalam jangka menengah, yaitu cara keluar dari tekanan ekonomi.

“Pada saat yang sama, kami juga sangat menyadari bahwa ini tidak dapat dilanjutkan dan itulah mengapa kami juga harus memikirkan dalam jangka menengah bagaimana kami akan keluar dari situasi yang luar biasa ini,” kata Menkeu Sri Mulyani.

Dilansir dari Kementerian Keuangan, Sabtu, 23 Oktober 2021, APBN dirancang untuk fokus pada dukungan kesehatan dan penguatan perlindungan masyarakat dengan tetap responsif, fleksibel, dan antisipatif menghadapi risiko ketidakpastian.

Baca Juga: Pernah Dekat dengan Stefan William, Natasha Wilona Blak-blakan Komentari Perceraian Celine Evangelista

“Kebijakan kami fokus pada kesehatan, termasuk vaksinasi. Saat ini, kami menargetkan 208 juta populasi kami untuk divaksinasi dan kami telah mencapai 173 juta. Akses vaksin dan kecepatan vaksinasi akan menjadi sangat penting,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X