Respons Mahfud MD Minta Pengutang Pinjol Ilegal Tak Perlu Bayar, Ketua MUI: Bayar Pokoknya Saja

- 23 Oktober 2021, 11:27 WIB
Ilustrasi pinjaman.
Ilustrasi pinjaman. /Pixabay/emaji

PIKIRAN RAKYAT - Keberadaan jasa pinjaman online ilegal tentu sangat meresahkan masyarakat, terlebih pinjaman yang tak seberapa namun menghasilkan utang yang melambung tinggi.

Baru-baru ini polisi juga telah menggerebek sejumlah kantor jasa pinjaman online atau pinjol ilegal, yang tersebar di wilayah Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Namun, terkait hal ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta korban pinjaman online (pinjol) ilegal tidak usah membayar utangnya.

“Kepada mereka yang sudah terlanjur menjadi korban, jangan membayar,” kata Mahfud dalam konferensi pers di Kantor Kemko Polhukam, Jakarta, Selasa, yang disiarkan akun YouTube Kemenko Polhukam, menanggapi maraknya masyarakat yang terjerat pinjaman online ilegal.

Baca Juga: Kasihan pada Stefan William, Ibunda Celine Evangelista Bongkar Hubungan Gelap Anaknya dengan 'Kekasih Baru'

Selain itu menurut Mahfud, apabila korban pinjaman online diteror karena tidak membayar utangnya, maka bisa melaporkannya kepada kantor polisi terdekat.

“Kalau tidak membayar lalu ada yang tidak terima, diteror, lapor kepada kantor polisi terdekat. Polisi akan memberikan perlindungan,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Tindakan tegas dan upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat ini juga disambut baik Ketua MUI Pusat, Cholil Nafis. Akan tetapi menurut Cholil para peminjam dana di pinjol ilegal sebaiknya tetap membayar utangnya.

Baca Juga: Tampil Impresif, Mario Suryo Aji Rebut Posisi Ke-4 di FP1 Moto3 Emilia Romagna

“Saya dukung yg disampaikan Pak Menkolhukam @mohmahfudmd utk menindak tegas pelaku pinjol ilegal, tetapi bagi peminjam hendaknya bayar pokok hutangnya saja sejumlah yg diterimanya dulu tanpa tambahan apapun,” kata Cholil Nafis, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @cholilnafis, Rabu.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X