Kemenag Gelar Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Tokoh Agama

- 22 Oktober 2021, 17:15 WIB
Ilustrasi - Sejumlah santri mengikuti kajian
Ilustrasi - Sejumlah santri mengikuti kajian /Antara Foto/Makna Zaezar

PIKIRAN RAKYAT - Pusat Litbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama RI menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan ekonomi umat berbasis tokoh agama. Program ini diikuti oleh 100 peserta dari kalangan tokoh agama di Rembang pada 20 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut bertujuan mendorong para tokoh agama berperan serta dalam kegiatan kewirausahaan dan penguatan ekonomi umat.

"Pesantren memiliki potensi ekonomi yang sangat besar yang bermanfaat bagi umat Islam dan masyarakat luas. Selama ini pesantren telah mampu mandiri dalam membiayai operasional pesantren namun tetap memerlukan perhatian pemerintah melalui pemberdayaan ekonomi,” kata Kasubag TU Rizky Riyadu Taufiq dalam keterangannya, Jumat, 22 Oktober 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 22 Oktober 2021: Denis Bongkar Masa Lalu Keluarga Hartawan, Al Kaget Orangtuanya Mafia?

Menurutnya pemberdayaan ekonomi pesantren dapat dilakukan dengan cara memberikan memperoleh dukungan pelatihan, pendampingan, inkubasi dan dukungan teknis serta akses permodalan.

Bisnis yang dijalankan oleh pesantren atau tokoh agama perlu menyesuaikan dengan potensi dan segmentasi pasar.

Lebih jauh dia mengatakan, kewirausahaan pesantren berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya ekonomi umat yang kokoh.

"Kami senantiasa melakukan riset pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren atau tokoh agama dan mendorong semangat kewirausahaan di kalangan santri maupun tokoh agama," ujarnya.

Baca Juga: Bisa Ditilang Jika Tak Punya, Simak Cara Mendapatkan Stiker Road Tax dari Polisi

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X